Jumat, 25 November 2011

Mengenali Kesulitan Belajar pada Anak


Mengenali Kesulitan Belajar pada Anak

Perkembangan Bahasa yang Lambat
Anak-anak dengan kesulitan belajar pada umumnya memiliki riwayat perkembangan bahasa dan berbicara yang lebih lambat dibanding anak seusianya. Kosa kata yang dimilikinya cenderung terbatas dan lebih sedikit dibanding anak sebayanya, sehingga sering mengalami kesulitan bahkan kurang tepat dalam mengekspresikan apa yang diinginkannya. Tidak jarang mereka juga mengalami kesulitan dalam memahami instruksi yang paling sederhana sekalipun, ataupun memahami beberapa perintah yang diberikan sekaligus.

Rendahnya Koordinasi Motorik
Ada beberapa indikasi ketidakterampilan motorik kasar seperti canggung dalam melompat, mudah jatuh ketika berlari maupun tidak bisa memanjat, dll. Juga ketidakterampilan dalam koordinasi motorik halusnya seperti mengalami kesulitan dalam mengikat tali sepatu, memasukkan kancing baju, kurang terampil dalam menggunakan gunting maupun pensil, dll. Demikian pula dalam mengikuti dan mengenali arah.

Gangguan Pemusatan Perhatian
Rendahnya pemusatan perhatian anak sering nampak dengan mudahnya anak beralih pada satu kegiatan satu ke kegiatan lainnya, sukar menyelesaikan tugas yang sederhana sekalipun karena rentang perhatiannya yang pendek, membutuhkan banyak perhatian dan dukungan dari lingkungan untuk penyelesaian tugas-tugasnya.
Kontrol dan pengorganisasian diri yang buruk sering membuat mereka nampak kurang sabaran (impulsif), mau menangnya sendiri, semau gue dan sulit mengikuti aturan maupun rutinitas, sehingga nampak tidak mampu bertanggung jawab dibanding anak-anak sebayanya.

Usia Sekolah
Pada usia sekolah gambaran kesulitan sekolah ini semakin nyata. Gambaran yang tampak dapat dikelompokkan pada beberapa ciri:
Kekurangan persepsi visual. Kekurangan pada bagian ini dapat dikenali karena anak nampak bermasalah untuk mempelajari abjad dan sering terbalik melihat huruf-huruf tertentu seperti b/d, p/q, m/w maupun angka seperti 2, 3, 4, 5, 7, 9. Konsep membaca, mengeja, dikte dan menghitung mereka nampak lebih lambat dibading anak lain. Ketika diajar membaca mereka cepat bosan, sering menguap dan mengatakan matanya perih untuk melihat huruf.
Kekurangan persepsi visual motor. Lambatnya anak menyalin tulisan dari papan tulis ke bukunya merupakan ciri khas kekurangan pada persepsi visual motor. Akhirnya anak sering ketinggalan dalam mengerjakan tugas dibanding temannya dan prestasi sekolahnya nampak memburuk. Buruknya kualitas tulisan, cenderung tidak rapi dan keluar dari garis, sukar mengikuti garis ketika menggunting merupakan ciri lainnya pada kekurangan bagian ini.
Kekurangan persepsi auditor. Sukar untuk membedakan beberapa huruf yang hampir memiliki kesamaan bunyi seperti b/p, d/t, v/f, lambat dalam menangkap pembiacaraan dalam kecepatan yang normal meskipun dapat memahaminya bila diberikan pengulangan dengan kecepatan yang lebih lambat atau sukar mengenali suara yang umum atau bahkan seringkali didengarnya merupakan ciri pada kurangnya persepsi auditori ini.
Rendahnya kemampuan mengingat. Mereka biasanya mengalami kesulitan untuk mempertahankan apa yang dilihat dan didengarnya dalam waktu yang cukup lama, rendah ingatan jangka panjangnya, yang seringkali bertahan hanyalah ingatan jangka pendeknya, itu pun sering terlupakan ketika ditanyakan kembali di lain hari. Pada akhirnya pengetahuan yang mereka miliki pada umumnya menjadi sangat terbatas. Ini sering sangat menjengkelkan bagi para guru dan orangtua karena apa yang barusan diterangkan dan mampu dihapalkan sudah dilupakannya, yang kemarin diajarkan hari ini sudah tidak mampu diingatnya.
Lambatnya pemahaman konsep. Gambaran tampak pada bagian ini adalah anak tidak mampu ''membaca'' situasi sosial, tidak memahami bahasa tubuh maupun humor. Berhubungan dengan konsep waktu mereka juga biasanya sukar membedakan arti kemarin, tadi, besok, sebelum/sesudah maupun konsep "cepat".
Kekurangan hubungan spasial dan kesadaran tubuh. Gerakan anak yang nampak canggung, mudah terantuk dan jatuh, sukar memahami konsep kiri-kanan, atas-bawah, pertama-terakhir, depan-belakang meruapakan ciri yang paling khas pada aspek ini. Mereka juga sering tersesat dan kebingungan dalam lingkungan yang justru mereka kenal seperti rumah atau sekolah. Sangat ceroboh sehingga sering kehilangan barang seperti pensil, buku, dll. serta sangat berantakan dan tidak tertata rapi merupakan ciri lain yang bisa diamati.
Pada umumnya anak-anak dengan kesulitan belajar ini memiliki taraf kecerdasan normal, bahkan sering di atas normal. Mereka hanya memerlukan cara pembelajaran yang berbeda (learning difference) sesuai dengan perbedaan fungsi otak dan kekurangan yang dimilikinya.
Memeriksakan anak ke seorang ahli perkembangan anak secara multidispliner (dokter anak, psikiater, psikolog, pedagog, dll) merupakan cara untuk melihat kekurangan yang mereka tunjukkan, sehingga dapat mengenali pula gaya belajar anak.
Penanganan terhadap anak-anak dengan kesulitan belajar ini sebenarnya bisa dimulai dengan mengenali kelebihan yang mereka miliki untuk mengatasi kekurangannya. Ini bisa dihubungkan dengan konsep multiple intelligence, mereka akan tetap dapat berhasil pada bidang-bidang khusus yang menjadi kekuatan mereka. Pemanfaatan gaya belajar yang menjadi unggulan mereka akan sangat membantu mengoptimalkan potensi dan mengatasi kelemahan yang mereka miliki. Banyak tokoh terkenal yang pada masa kecilnya mengalami kesulitan belajar namun tetap berhasil di kemudian hari seperti Albert Einstein, Roosevelt, Sydney Sheldon.

Soal Objektif & Essay Pendidikan Anak di SD PDGK4403


SOAL OBJEKTIF
1. Sunaryo Kartadinata mengemukakan bahwa pendidikan SD adalah....
A. proses membawa manusia dari apa adanya kepada bagaimana seharusnya     
B. suatu proses menumbuhkembangkan eksistensi peserta didik yang memasyarakat dan membudaya dalam tata kehidupan yang berdimensi lokal, nasional, dan global       
C. pengaruh lingkungan atas individu untuk menghasilkan perubahan yang tetap di dalam kebiasaan, pemikiran, sikap, dan tingkah laku          
D. pemberian informasi pengetahuan dan pembentukan keterampilan yang meliputi usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan

2. Salah satu tujuan pendidikan di SD adalah memberikan kemampuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi kehidupan siswa sesuai tingkat perkembangannya, yakni dengan cara....   
A. memberikan materi yang sama kepada seluruh siswa, karena tingkat perkembangan setiap siswa sama
B. menyiapkan anak dengan berbagai pengetahuan agar bisa diterima oleh masyarakat
C. memberikan dasar-dasar pengetahuan membaca, menulis, dan membaca agar anak tidak dianggap bodoh oleh masyarakat
D. menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan intelektual, pribadi, dan sosial sehingga memiliki kemampuan belajar yang berorientasi pada pemahaman dan pemecahan masalah dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmiah

3. Fungsi pendidikan di SD sebagai proses penyiapan warga masyarakat dan warga negara adalah...  
A. membentuk dan meningkatkan kualitas kepribadian individu menjadi kreatif, mandiri, tanggung jawab, ulet, dan tekun
B. membentuk siswa menjadi warga yang baik sesuai dengan tujuan dan falsafah bangsa serta menjalankan hak dan kewajiban sesuai dengan hukum yang berlaku
C. mewariskan budaya dari generasi satu ke generasi berikutnya
D. memberi berbagai kemampuan, sikap, serta keterampilan kepada siswa untuk menjadi manusia yang produktif bagi kehidupan dirinya

4. Salah satu prinsip pendidikan di SD menurut Sunaryo Kartadinata adalah....
A. inti dari budaya pendidikan di Era Indonesia Baru adalah terwujudnya pendidikan yang menempatkan anak didik sebagai titik sentral
B. perkembangan adalah proses yang tak pernah berakhir, oleh karena itu pendidikan atau belajar merupakan proses sepanjang hayat
C. setiap pendidikan dan proses pembelajaran pada khususnya akan selalu berhadapan dengan individu yang sedang berkembang
D. prinsip dan hukum-hukum perkembangan individu harus menjadi titik tolak pendidikan

5. Contoh perkembangan kognitif anak yang sesuai dengan tahap sensorimotor menurut Piaget adalah anak mampu untuk....
A. meniru perilaku orang yang berada di sekelilingnya
B. mengurutkan cerita sesuai kejadian
C. mencari penyelesaian masalah setelah menganalisis dan membuat hipotesis sederhana
D. mengambil, memutar, menjatuhkan, dan melempar mainannya

6. Pengertian bakat yang dikemukakan oleh Utami Munandar adalah....
A. kondisi di dalam diri seseorang yang memungkinkannya mencapai kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus
B. kemampuan bawaan sebagai potensi yang masih perlu dikembangkan dan dilatih agar dapat terwujud
C. kemampuan untuk melakukan suatu tugas tanpa tergantung pada banyak latihan
D. kondisi dimana kemampuan sesorang muncul akibat latihan terus menerus

7. Salah satu faktor yang dapat menentukan perwujudan bakat adalah faktor dalam diri anak, yaitu keadaan yang berkaitan dengan....
A. dukungan keluarga
B. minat anak
C. dukungan masyarakat
D. minat orang tua

8. Contoh kreativitas yang biasa ditemukan pada anak SD adalah....          
A. Adi dapat menyusun puzzle yang terdiri dari 8 keping
B. Chika mampu menyanyikan lagu Indonesia Raya di depan kelas
C. Tony mampu mengembangkan gambar segi empat menjadi bentuk lain
D. Desi mampu menyebutkan nama-nama binatang dalam bahasa Inggris

9. Hubungan antara kreativitas dengan kecerdasan dapat dilihat melalui hal berikut, yaitu orang yang....
A. tingkat intelegensinya tinggi pasti kreatif
B. tingkat intelegensinya rendah biasanya kreatif
C. kreatif harus memiliki tingkat intelegensi yang tinggi
D. kreatif belum tentu memiliki tingkat intelegensia yang tinggi

10. Kemampuan berpikir kreatif dapat dikembangkan melalui....
A. memberikan pertanyaan yang mengembangkan kemampuan berpikir konvergen
B. menggabungkan pemikiran konvergen dengan divergen
C. meminta anak untuk memecahkan masalah kelompok di tempat duduk masing-masing
D. mengajukan pertanyaan tertutup kepada siswa

11. Salah satu pengertian kecerdasan emosional yang diungkapkan oleh Goleman (1998) adalah....
A. kapasitas untuk mengenal perasaan diri sendiri dan orang lain, untuk memotivasi diri kita, serta untuk mengatur emosi dalam diri kita dan dalam hubungan kita dengan orang lain
B. dasar fungsi kehidupan yang membantu seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungannya
C. aktivitas intelektual yang bertujuan untuk menghasilkan keseimbangan, keharmonisan, serta hubungan antara suatu proses pemikiran dengan lingkungan
D. kemampuan untuk menyembunyikan keadaan emosi yang sebenarnya dengan cara menahan diri kita

12. Salah satu norma kecerdasan emosional yang dikemukakan oleh Goleman adalah memotivasi diri sendiri, yaitu....
A. mengatur emosi penting agar seseorang dapat memusatkan perhatian dan mendorong dirinya menjadi kreatif dan berusaha untuk mencapai cita-cita
B. menjaga hubungan dengan sesama maupun mengenali emosi setiap orang serta mengendalikannya
C. mengendalikan emosi yang terlalu dalam yang dapat mengganggu stabilitas kehidupan seseorang agar dapat mencapai keseimbangan
D. membaca tanda-tanda non verbal dan mengerti perasaan dan emosi orang lain sehingga mampu menyesuaikan sikap dengan kecenderungan yang ditampilkan orang lain
13. Ciri-ciri yang menunjukkan bahwa perkembangan moral anak berada pada tahap prakonvensional adalah anak....
A. yang mengikuti peraturan, memiliki, dan mempertahankan hubungan yang baik dengan lingkungan sekitar merupakan anak yang baik
B. cenderung berperilaku dengan cara mengatur permintaan sosial
C. cenderung berdasarkan penilaian atas berbagai situasi dan masyarakat
D. menerima aturan dari figur otoritas dan menilai suatu perilaku berdasarkan konsekuensinya
14. Salah satu kebutuhan anak yang dapat dipenuhi melalui disiplin adalah dapat membuat anak merasa aman, karena....
A. melalui disiplin anak dibantu untuk hidup sesuai dengan norma sosial
B. anak akan mengembangkan kata hatinya dalam membuat keputusan
C. anak belajar mengapa pola perilaku tertentu diterima dan mengapa pola perilaku lain tidak diterima
D. melalui disiplin anak tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan

15. Pengajaran tentang hal yang baik dan buruk serta alasan mengapa pola perilaku diterima sementara yang lain tidak diterima sehingga anak memiliki konsep yang lebih luas, merupakan hal penting dari disiplin yang dikemukakan oleh Hurlock, yaitu....
A. penghargaan
B. hukuman
C. alat untuk membentuk moral
D. konsistensi

16. Salah satu peran hukuman dalam menanamkan aturan dan disiplin adalah untuk mendidik anak, dengan cara memberikan hukuman....
A. setiap kali anak melakukan kesalahan
B. disertai alasan mengapa orang tua melakukan itu
C. fisik sehingga anak tidak mau mengulangi perbuatan salahnya lagi
D. dengan cara mengisolasi anak selama beberapa waktu

17. Orang tua dan guru dapat menjelaskan arti agama bagi anak usia SD dengan cara....
A. memberikan hafalan doa harian kepada anak
B. menyuruh anak beribadah sesuai dengan agamanya masing-masing
C. memperkenalkan berbagai hari besar keagamaan kepada anak
D. meminta anak untuk berdoa sebagai pengungkapan rasa syukur terhadap Yang Maha Kuasa

18. Perkembangan sosial bagi anak usia SD dapat dilakukan melalui kegiatan bermain sesuai dengan peran sosial yang diharapkan. Makna dari pernyataan ini adalah untuk....
A. membuat anak mengerti mengenai perilaku yang diterima dan ditolak oleh lingkungan sosialnya
B. melatih anak menyukai orang lain dan aktivitas sosial
C. melatih anak mempunyai peran dan memahami peran yang ada di lingkungan sekitarnya
D. membuat anak memiliki penyesuaian diri dan diterima sebagai anggota kelompok sosialnya

19. Salah satu karakteristik kelompok sebaya pada masa usia SD menurut Hurlock adalah....
A. acap kali menggunakan kode-kode rahasia atau bahasa sandi dalam berkomunikasi
B. kelompok sebaya selalu mengadakan pertemuan di tempat umum
C. anggota kelompok terdiri dari 5 orang atau lebih
D. menggunakan bahasa sehari-hari dalam berkomunikasi

20. Salah satu pola tingkah laku yang dipelajari oleh anak dari lingkungan kelompok sebayanya adalah diskriminasi sosial, yaitu....
A. anak lebih berpihak pada apa yang diakui oleh kelompoknya
B. kecenderungan anak untuk mudah merasa sakit hati dan mengartikan apa yang dilakukan orang lain sebagai permusuhan
C. kecenderungan untuk membuat perbedaan antara individu berdasarkan suatu tanda-tanda tertentu
D. kemampuan untuk memahami arti dari situasi sosial

21. Faktor yang mempengaruhi peran gender pada anak usia SD dari segi orang tua dapat terlihat melalui....
A. mendukung anak untuk terlibat dalam aktivitas yang sesuai dengan jenis kelaminnya
B. keyakinan bahwa anak laki-laki lebih unggul dalam pelajaran matematika dan atletik, sementara perempuan pada pelajaran seni
C. penampilan wanita di berbagai iklan ketimbang laki-laki yang lebih banyakdi bidang olah raga
D. perbedaan sikap atau reaksi pada anak laki-laki yang harus lebih mandiri daripada anak perempuan

22. Suatu kondisi dimana anak memiliki kecerdasan kurang, koordinasi sensori motoriknya sangat buruk, dan sulit berkonsentrasi di sekolah, merupakan ciri-ciri anak yang mengalami....
A. obesitas
B. malnutrisi
C. kekurangan makanan
D. kekurangan waktu istirahat

23. Berikut ini yang merupakan akibat dari kekurangan gizi terhadap perkembangan emosional anak, yaitu.... 
A. kekurangan gizi mengakibatkan anak menjadi rewel atau mudah marah
B. kekurangan gizi akan mengalami kesulitan dalam memahami sesuatu
C. anak yang kurang gizi akan menjadi sulit berkonsentrasi mengikuti pelajaran
D. kekurangan gizi akan menghambat pertumbuhan otak

24. Menurut Maslow, kebutuhan terpenting bagi manusia dan berada pada tingkat terakhir adalah kebutuhan untuk aktualisasi diri. Hal ini ditandai dengan karakteristik sebagai berikut, yaitu....
A. terpenuhinya kebutuhan fisik
B. dapat menggunakan seluruh bakat dan potensinya
C. meningkatkan harga diri
D. terpenuhinya kebutuhan akan rasa aman

25. Berikut ini yang merupakan contoh kebutuhan aktualisasi diri pada anak SD adalah....
A. Tania selalu diantar dan dijemput oleh ibunya ke sekolah
B. Fery merupakan anak yang lambat dalam belajar
C. Tasya merupakan salah satu anak yang sangat berbakat di bidang seni
D. Kenzo tidak mau pergi ke sekolah karena selalu diganggu oleh kakak kelasnya

26. Siswa diberikan tugas-tugas yang dapat menantang keterampilan siswa dan dapat membuat siswa menjadi lebih kompeten, merupakan salah satu motivasi intrinsik pada anak usia SD, yaitu berupa....
A. tantangan
B. rasa ingin tahu
C. kontrol
D. fantasi

27. Pengertian belajar yang dikemukakan oleh Santrock dan Yusen adalah....
A. perubahan perilaku akibat suatu pengalaman tertentu
B. proses mengalami sesuatu untuk menghasilkan perubahan tingkah laku dan pribadi
C. perubahan tingkah laku yang relatif permanen yang terjadi karena pengalaman
D. pengalaman yang menyebabkan suatu perubahan pengetahuan dan perilaku yang relatif permanen pada seseorang

28. Berikut ini merupakan prinsip-prinsip belajar, yaitu....
A. belajar dapat membantu perkembangan optimal individu sebagai manusia utuh
B. belajar sebagai proses terpadu harus memposisikan anak sebagai titik sentral
C. aktivitas pembelajaran yang diciptakan harus membuat anak terlibat sepenuh hati
D. belajar hanya dapat dilakukan secara individual dan tidak kompetitif

29. Faktor-faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar anak dari segi proses adalah....
A. masukan dasar yang menggambarkan kondisi individual anak dengan segala karakteristik fisik dan psikisnya
B. interaksi antara masukan dasar, masukan instrumental, dan masukan lingkungan terhadap aktivitas belajar anak
C. perubahan tingkah laku yang diharapkan terjadi pada anak setelah anak melakukan aktivitas belajar
D. masukan instrumental yang mencakup guru, kurikulum, materi dan metode, serta sarana dan fasilitas

30. Berikut ini yang merupakan salah satu contoh kesulitan belajar anak yang dikemukakan oleh Abin Syamsuddin adalah....
A. Joni mendapat nilai rata-rata pada mata pelajaran Matematika
B. Danisa tidak mampu menyelesaikan soal perkalian karena pada saat guru menjelaskan, Danisa tidak masukkarena sakit
C. Indah selalu lambat dan tertinggal oleh teman-temannya dalam mengerjakan tugas-tugas belajar di kelas
D. Septi tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia karena sedang mengikuti perlombaan menyanyi mewakili sekolahnya

31. Salah satu fungsi pendekatan pembelajaran bagi guru yang dikemukakan oleh Sarwono adalah fungsi deskripsi, yaitu suatu teori harus....
A. memberikan penjelasan tentang suatu fenomena yang kompleks menjadi penjelasan yang rasional dan mudah dipahami
B. menguji fenomena terkini dan mengembangkan teori yang baru
C. dapat memperkirakan terjadinya sesuatu atas dasar peristiwa sebelumnya
D. menggambarkan sesuatu yang terjadi dalam lingkungan apa adanya, tanpa dibuat-buat

32. Hakikat belajar menurut eksperiential learning adalah....
A. proses pembelajaran dimana anak berinteraksi secara langsung dengan realitas yang dipelajarinya
B. kemampuan memanipulasi struktur atau bunyi bahasa
C. kepekaan terhadap logika, kausalitas, fungsi, dan abstraksi
D. kemampuan mengamati ruang dan visual secara akurat serta melakukan transformasi terhadap persepsi

33. Dewi mampu mengenali suasana hatinya dan mampu beradaptasi ketika berada pada lingkungan baru. Hal ini merupakan contoh penerapan multiple intelligence di SD, yaitu kecerdasan....
A. interpersonal
B. kinestetik
C. Matematika-logika
D. intrapersonal

34. Salah satu bentuk pengembangan pendidikan SD secara vertikal adalah....
A. program pendidikan khusus bagi rumpun sekolah dasar luar biasa
B. pengembangan kualitas, relevansi, dan efisiensi pendidikan
C. upaya penampungan anak-anak yang putus sekolah
D. model pendidikan yang terintegrasi

35. Di dalam prinsip perencanaan inovasi pendidikan, terdapat tiga jenis hubungan yang perlu dijalin dalam rangka inovasi pendidikan, yaitu kecuali hubungan....
A. reaktif
B. proaktif
C. responsif
D. interaktif

36. Berikut merupakan contoh penerapan inovasi di SD, yaitu....
A. mengembangkan metode pembelajaran yang sangat efektif untuk mata pelajaran IPA
B. menggunakan alternative fasilitas belajar
C. mengembangkan media yang mahal
D. mengajukan bantuan biaya pengadaan sarana dan prasarana ke pemerintah

37. Yang dimaksud dengan hak dalam konvensi hak anak adalah....
A. sesuatu yang harus dipenuhi oleh seseorang
B. tugas dan tanggung jawab terhadap pihak lain
C. perjanjian yang mengikat secara yuridis
D. sesuatu yang melekat pada diri seseorang semenjak lahir

38. Salah satu hak anak yang dikemukakan oleh Jebb dalam buku “Sosialisasi Hak Anak – Internasional” adalah hak anak untuk....
A. mengemukakan pendapat
B. dilindungi tanpa mempertimbangkan ras, kewarganegaraan atau kebangsaannya
C. mendapat perawatan jasmani dan rohani yang memadai
D. berkembang dengan baik secara fisik dan psikologis

39. Kategori konvensi hak anak yang terdiri dari langkah-langkah implementasi umum; definisi anak; prinsip-prinsip umum; hak sipil dan kemerdekaan; lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif; kesehatan dan kesejahteraan dasar; pendidikan, waktu luang, dan kegiatan budaya; serta langkah-langkah perlindungan khusus, merupakan cara untuk mengkategorisasikan konvensi hak anak berdasarkan....   
A. pihak yang berkewajiban melaksanakan konvensi hak anak
B. konvensi induk hak asasi manusia
C. komite hak anak PBB
D. cakupan hak yang terkandung dalam konvensi hak anak

40. Salah satu hak anak yang terdapat dalam buku Pedoman Perlindungan Anak yaitu mendapat perlindungan dari segala bentuk kekerasan, contohnya....
A. Pasal 19 yang meminta agar Negara melakukan berbagai cara legislatif, administratif, sosial, dan pendidikan untuk melindungi anak dari penelantaran atau eksploitasi serta perlakuan salah
B. Pasal 25 yang meminta agar dilakukan peninjauan kembali secara periodic perlakuan dan kondisi anak yang telah ditempatkan penguasa untuk tujuan pengasuhan, perlindungan atau perawatan kesehatan fisik dan mentalnya
C. Pasal 11 tentang Negara yang meratifikasi konvensi hak anak mempunyai kewajiban untuk mencegah anak agat tidak dibawa secara tidak sah keluar negaranya atau ditahan di luar yurisdiksi negaranya
D. Pasal 21 yang membahas tentang hak anak yang diadopsi di Negara-negara yang membolehkan adopsi

41. Negara peserta mengakui hak anak atas pendidikan dan dengan tujuan mencapai hak ini mereka akan membuat pendidikan dasar wajib dan tersedia cuma-cuma untuk semua anak. Pernyataan ini merupakan salah satu butir konvensi hak anak yang berhubungan dengan pendidikan, yaitu pasal....
A. 27
B. 28
C. 29
D. 31

42. Kegiatan pokok yang dilakukan oleh pemerintah terhadap wajib pendidikan dasar 9 tahun menurut rencana Bappenas dari segi pendanaan biaya operasi wajar, dapat dilihat melalui penyediaan....
A. gedung, buku-buku serta perlengkapan kegiatan belajar lainnya
B. tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi pendidik di setiap jenjang pendidikan
C. pendidikan nonformal bagi yang belum mendapat kesempatan untuk mengikuti pendidikan setara SD maupun SMP
D. dana BOS sehingga anak berkesempatan untuk mengikuti pendidikan hingga jenjang SMA

43. Salah satu contoh praktek pendidikan yang melindungi hak anak adalah....
A. Ibu Tati tidak menggunakan media karena tidak ada dana untuk pengadaan media pembelajaran
B. Joko yang mengalami cacat fisik diberi kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan
C. Pak Toyib tidak ingin terlibat lebih jauh dalam kegiatan perlombaan sekolah karena ada tanggung jawab lain sebagai pembina Pramuka
D. Darti berhasil menjadi juara kelas karena orang tuanya banyak menyumbang untuk sekolah

44. Rochman Natawidjaja menjelaskan latar belakang perlunya bimbingan dan konseling di SD yaitu kesadaran akan perbedaan individual di antara setiap manusia. Hal ini ditandai dengan....
A. guru hendaknya menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan karakteristik masing-masing siswa
B. penataan kembali strategi dan prosedur pengajaran di kelas yang berpusat pada siswa, baik dari segi materi maupun metode penyampaiannya C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik
C. pencapaian kehidupan demokrasi melalui pendidikan demokrasi bagi para siswa
D. guru hendaknya membantu siswa menjadi pembuat keputusan yang baik

45. Salah satu peran guru dalam bimbingan dan konseling di sekolah adalah mengumpulkan data dan informasi tentang anak, terutama dalam kegiatan belajarnya. Hal ini dapat dilakukan dengan cara....
A. berupaya mengoperasionalkan kurikulum dalam konteks lingkungan riil siswa
B. memberi tugas belajar secara terarah dan memberi balikan terhadap hasil belajar siswa
C. berupaya agar setiap siswa memiliki catatan kumulatif yang berisi tentang perkembangan kegiatan dan hasil belajar siswa dari waktu ke waktu
D. bekerja sama dengan anak dalam membuat rencana-rencana tertentu yang positif bagi perkembangan anak

46. Peran orang tua dalam bimbingan konseling di sekolah dalam hal memberi ganjaran atau balikan kepada anak adalah....
A. memberi bantuan atau dukungan ketika anak mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar ataupun kegiatan sosialnya
B. memberikan pujian ketika anak berprestasi dan tidak mencerca anak ketika anak tidak berhasil
C. memberikan contoh konkret dan tantangan positif pada anak
D. memperlakukan anak dengan penerimaan dan penghargaan tanpa syarat

47. Salah satu perangkat yang diperlukan dalam program layanan bimbingan dan konseling di SD adalah informasi, berupa....
A. buku pedoman atau paket bimbingan pribadi, belajar, pendidikan, dan karir
B. format-format pedoman observasi, catatan anekdot, dan daftar isian
C. buku catatan kegiatan bimb ingan dan konseling, blangko surat panggilan orang tua atau wali
D. buku pribadi dan map siswa

48. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi tujuan pendidikan dan karakteristik SD adalah....
A. menyediakan pengalaman belajar yang tepat bagi kebutuhan dasar dan perkembangan anak SD
B. mengkoordinasikan kegiatan bimbingan dengan dibantu oleh guru-guru lain
C. pencapaian kecakapan siswa dalam melaksanakan tugas perkembangan secara efektif
D. cara belajar bermakna di SD ditekankan melalui aktivitas, khususnya bagi SD kelas rendah

49. Pelaksanaan program bimbingan dan konseling di SD dari segi kerja sama dapat terlaksana melalui....
A. penginterpretasian data hasil tes, aktivitas pengembangan karir dan membantu menemukan kursus
B. menjalin hubungan baik secara internal dan eksternal demi kemajuan sekolah
C. memberikan layanan konsultasi atau nasihat kepada siswa
D. merekrut siswa yang memenuhi persyaratan yang berbeda di lingkungan gugus tempat diselenggarakan kelas unggulan

50. Salah satu prinsip evaluasi program bimbingan dan konseling di SD menurut pendapat Gibson dan Mitchell adalah....
A. mengulangi presentasi
B. menjelaskan ulang kepada peserta
C. mencatat perbedaan kesan ini
D. mengevaluasi kegiatan presentasi



SOAL ESSAY
1.      Peran orang tua penting dalam bimbingan dan konseling di SD karena ….
Jawab:
Dukungan orang tua sangat diperlukan oleh anak dan guru

2.      Dalam rangka penuntasan wajib belajar peran utama orang tua adalah ….
Jawab:
Memasukkan anak usia 6 tahun ke SD

3.      Hubungan Konseling dengan Bimbingan adalah ….
Jawab:
Konseling merupakan tehnik inti dalam Bimbingan

4.      Memberi tugas tambahan kepada siswa yang unggul untuk memperkaya pengetahuan yang telah dikuasainya merupakan fungsi dari ….
Jawab:
Pengembangan

5.      Bimbingan belajar, pribadi sosial dan karier merupakan pembidangan bimbingan yang didasarkan pada …..
Jawab:
Masalah yang dihadapi siswa

6.      Skala penilaian merupakan alat pengumpul data yang dipergunakan dalam teknik ….
Jawab:
Observasi

7.      Tujuan bimbingan model perkembangan adalah
Jawab:
Memfasilitasi penentu keberhasilan di tangan siswa

8.      Layanan yang mendasari layanan bimbingan lainnya adalah layanan ….
Jawab:
Rujukan

9.      Metode evaluasi yang cenderung mirip dengan penelitian eksperimen adalah ….
Jawab:
Komprensif

10.  Tujuan dari evaluasi adalah ….
Jawab:
Perbaikan dan pengembangan