Senin, 21 November 2011

Silabus SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Kelas 2-6 SD


SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   II (DUA)
SEMESTER                            :   1 (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   7. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

7.1 Menjelaskan cara
      pembuatan cat
      pewarna dari bahan
      alam

7.2 Menyiapkan bahan
      alam untuk pembu
      atan cat.

7.3 Membuat cat pewar
      na dari bahan alam




















Cat Warna

1. Memilih warna
    bahan alam untuk
    pembuatan cat
    warna.

2. Menyebutkan lang-
    kah-langkah pem  -
    buatan cat warna
    dari bahan alam.

3. Mengatur komposi
    si / ukuran bahan
    dan alat pembuatan
    cat warna alam.
   
4. Mendemonstrasi
    kan cara pembuat-
    an cat warna dari
    bahan alam.




5. Mengelompokkan
    bahan alam yang
    baik dengan  yang
    kurang baik.

6. Mengelompokkan
    bahan alam yang
    sesuai dengan yang
    dihasilkan.

7. Membuat warna
    baru.

8. Berkreasi dengan
    cat warna. 
  

1. Siswa dapat memilih
    bahan alam yang dapat
    dibuat cat warna.


2. Siswa dapat menunjuk
    kan langkah-langkah
    pembuatan cat warna
    dari bahan alam.

3. Siswa mampu mengatur
   komposisi / ukuran bahan
   dan alat pembuatan cat
   warna dari bahan alam.

4. Siswa dapat mendemon
    strasikan cara pembuat
    an cat warna dari bahan
    alam.
    



5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan bahan alam yang
    baik dengan yang kurang
    baik.

6. Siswa dapat mengelom –
    pokkan bahan alam yang
    sesuai dengan warna
    yang dihasilkan.

7. Siswa dapat menghasil
   kan warna baru.

8. Siswa mampu berkreasi
    dengan cat warna.

Praktik

4 X 35 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........










SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   II (DUA)
SEMESTER                            :   2 (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   14. Menerapkan teknologi sederhana dalam keterampilan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

14.1 Menjelaskan cara
        pembuatan cat
        pewarna dari bahan
        buatan yang aman.

14.2 Menyiapkan bahan
        buatan yang aman
        untuk pembuatan
        cat.

14.3 Membuat cat pewar
        na dari bahan buat
        an yang aman
















Cat Warna

1. Memilih warna
    bahan alam untuk
    pembuatan cat
    warna.

2. Menyebutkan lang-
    kah-langkah pem  -
    buatan cat warna
    dari bahan buatan.


3. Mengatur komposi
    si / ukuran bahan
    dan alat pembuatan
    cat warna buatan.
   




4. Mendemonstrasi
    kan cara pembuat-
    an cat warna dari
    bahan buatan.

5. Mengelompokkan
    bahan buatan yang
    baik dengan  yang
    kurang baik.

6. Mengelompokkan
    bahan buatan yang
    sesuai dengan yang
    dihasilkan.

7. Membuat warna
    baru.

8. Berkreasi dengan
    cat warna. 



1. Siswa dapat memilih
    bahan buatan yang dapat
    dibuat cat warna yang
    aman.

2. Siswa dapat menyebut
    kan langkah-langkah
    pembuatan cat warna
    dari bahan buatan yang
    aman.

3. Siswa mampu mengatur
   komposisi / ukuran bahan
   dan alat pembuatan cat
   warna dari bahan buatan.





4. Siswa dapat mendemon
    strasikan cara pembuat
    an cat warna dari bahan
    buatan yang aman.
 
5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan bahan buatan   
    yang  baik dengan yang
    kurang baik.

6. Siswa dapat mengelom –
    pokkan bahan buatan
    yang sesuai dengan
    warna yang dihasilkan. 

7. Siswa dapat menghasil
   kan warna baru.

8. Siswa mampu berkreasi
    dengan cat warna.



Praktik

4 X 35 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........






SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   III (TIGA)
SEMESTER                            :   1 (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   7. Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

7.1 Menampilkan sikap
      apresiatif terhadap
      benda yang digerak
      kan oleh angin.

7.2 Merancang benda
      yang dapat digerak
      kan oleh angin dari
      bahan kertas.

7.3 Membuat benda
      yang dapat digerak
      kan oleh angin dari
      bahan kertas.




















Benda yang Digerakkan angin

1. Membedakan ben-
    da yang dapat dige
    rakkan dan tidak
    dapat digerakkan
    oleh angin.

2. Mengelompokkan
    benda yang dapat
    digerakkan oleh
    angin berdasarkan
    proses kerjanya.

3. Mengidentifikasi
    bahan dan alat ben
    da yang dapat dige
    rakkan oleh angin





4. Memilih bahan
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh              
    angin dari kertas.

5. Memilih ukuran
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh
    angin dari bahan
    kertas.

6. Membuat model
    mainan

7. Menghias benda
    yang dibuat.
  

1. Siswa dapat membeda -
    kan benda yang dapat
    digerakkan dan tidak
    dapat digerakkan oleh
    angin.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda yang
    dapat digerakkan oleh
    angin berdasarkan pro-
    ses kerjanya.

3. Siswa dapat mengidenti-
    fikasi bahan dan alat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.





4. Siswa dapat memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.

5. Siswa dapat memilih
    kuran dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    digerakkan oleh angin.



6. Siswa dapat membuat
    model mainan.

7. Siswa dapat menghias
    benda yang dibuat.

Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........








SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   III (TIGA)
SEMESTER                            :   1I (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   14. Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

14.1 Menampilkan sikap
        apresiatif terhadap
        benda yang digerak
        kan oleh angin.

14.2 Merancang benda
        yang dapat digerak
        kan oleh angin dari
        bahan selain  kertas

14.3 Membuat benda
        yang dapat digerak
        kan oleh angin dari
        bahan selain kertas.




















Benda yang Digerakkan angin

1. Membedakan ben-
    da yang dapat dige
    rakkan dan tidak
    dapat digerakkan
    oleh angin.

2. Mengelompokkan
    benda yang dapat
    digerakkan oleh
    angin berdasarkan
    proses kerjanya.

3. Mengidentifikasi
    bahan dan alat ben
    da yang dapat dige
    rakkan oleh angin





4. Memilih bahan
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh              
    angin dari bahan
    selain kertas.

5. Memilih ukuran
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh
    angin dari bahan
    selain kertas.

6. Membuat model
    mainan

7. Menghias benda
    yang dibuat.
  

1. Siswa dapat membeda -
    kan benda yang dapat
    digerakkan dan tidak
    dapat digerakkan oleh
    angin.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda yang
    dapat digerakkan oleh
    angin berdasarkan pro-
    ses kerjanya.

3. Siswa dapat mengidenti-
    fikasi bahan dan alat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.





4. Siswa dapat memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.


5. Siswa dapat memilih
    kuran dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    digerakkan oleh angin.



6. Siswa dapat membuat
    model mainan.

7. Siswa dapat menghias
    benda yang dibuat.

Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........







SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   IV (EMPAT)
SEMESTER                            :   1 (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   7. Mengapresiasi karya kerajinan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

7.1 Mengidentifikasi
      jenis karya kerajinan
      Nusantara    

72 Menampilkan perila-
     ku apresiatif terhadap
     karya kerajinan
     Nusantara.






















Tekstur

1. Ciri-ciri tekstur da-
    lam pembuatan
    bahan kerajinan.


2. Mengelompokkan
    tekstur dari bahan
    alam dan buatan.

3. Mengelompokkan
    benda pakaiberda-
    sarkan tekstur
    kasar dan halus.

4. Memilih benda
    pakai bahan alam
    bertekstur yang
    sesuai.



5. Memilih benda
    pakai bahan buatan
    bertekstur yang
    sesuai.

6. Merancang model
    benda.





7. Membuat model
    benda.

1. Siswa dapat mengurai -
    kan ciri-ciri tekstur
    dalam pembuatan bahan
    kerajinan.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan tekstur dengan
    bahan alam dan buatan.

3. Siswa dapat mengelom-
   pokkan benda pakai ber-
   dasarkan tekstur kasar
   dan halus.

4. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan alam bertek - 
    stur yang sesuai.



5. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan buatan ber-
    tekstur yang sesuai.

6. Siswa dapat membuat
    rancangan benda pakai
    dengan tekstur nyata
    menggunakan bahan
    alam setempat dan bahan
    buatan.

7. Siswa dapat membuat
    benda pakai dengan
    tekstur nyata mengguna-
    kan bahan alam setempat
    setempat dan bahan
    buatan.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........





 

































SILABUS

SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   IV (EMPAT)
SEMESTER                            :   1 (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   8. Membuat karya kerajinan benda konstruksi


8.1 Merancang karya ke-
      rajinan dengan me   -
      manfaatkan teknik
      atau motif hias
      Nusantara.   

82 Membuat karya kera-
     jinan berdasarkan
     rancangan yang telah
     dibuat.

8.3 Merancang benda
      dengan teknik kon-
      struksi.

8.4 Membuat benda
      dengan teknik kons-
      truksi.






Model Konstruksi

1. Menyebutkan ba -
    han dan alat dalam
    pembuatan model
    benda konstruksi.

2. Mengelompokkan
    model benda kons-
    truksi berdasarkan
    kreasi.

3. Menyebutkan ber-
    bagai bentuk mo –
    del konstruksi.

4. Menyebutkan fung
    si komponen mo   -
    del konstruksi.

5. Mengelompokkan
    model benda kon-
    truksi berdasarkan
    kekuatannya.


1. Siswa dapat menyebut -
    kan berbagai jenis bahan
    /alat dalam pembuatan
    model konstruksi.       

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan model benda
    konstruksi berdasarkan
    kreasi.

3. Siswa dapat menyebut –
    kan berbagai bentuk mo-
    del benda konstruksi.

4. Siswa dapat menyebut –
    kan fungsi komponen
    model benda konstruksi

5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan model benda
    konstruksi berdasarkan
    kekuatannya.


Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........
















6. Memilih bahan un
    tuk pembuatan mo
    del benda konstruk
    si.

7. Memilih ketepatan
    warna.



8. Merancang pembu
    atan model benda
    konstruksi.


9. Membuat model
    benda konstruksi

10. Menghias model
      benda yang dibuat


6. Siswa dapat memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda konstruksi


7. Siswa dapat memilih
    ketepatan warna dalam
    pembuatan model benda
    konstruksi.

8. Siswa dapat merancang
    pembuatan model benda
    dengan teknik lipat de-
    ngan teknik konstruksi

9. Siswa dapat membuat
    model benda konstruksi

10. Siswa dapat menghias
      model benda yang
      dibuat.






SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   IV (EMPAT)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   15. Mengapresiasikan karya kerajinan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

7.1 Mengidentifikasi
      jenis karya kerajinan
      Nusantara daerah
      setempat

72 Menampilkan perila-
     ku apresiatif terhadap
     karya kerajinan
     Nusantara daerah
     setempat.






















Tekstur

1. Ciri-ciri tekstur da-
    lam pembuatan
    bahan kerajinan
    daerah setempat


2. Mengelompokkan
    tekstur dari bahan
    alam dan buatan
    daerah setempat.

3. Mengelompokkan
    benda pakaiberda-
    sarkan tekstur
    kasar dan halus
    daerah setempat





4. Memilih benda
    pakai bahan alam
    bertekstur yang
    sesuai daerah se-
    tempat.

5. Memilih benda
    pakai bahan buatan
    bertekstur yang
    sesuai daerah se-
    tempat.

6. Merancang model
    benda.





7. Membuat model
    benda.

1. Siswa dapat mengurai -
    kan ciri-ciri tekstur
    dalam pembuatan bahan
    kerajinan daerah setem-
    pat.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan tekstur dengan
    bahan alam dan buatan
   daerah setempat.

3. Siswa dapat mengelom-
   pokkan benda pakai ber-
   dasarkan tekstur kasar
   dan halus daerah setem-
   pat.





4. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan alam bertek - 
    stur yang sesuai daerah
    setempat.

5. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan buatan ber-
    tekstur yang sesuai
    daerah setempat.

6. Siswa dapat membuat
    rancangan benda pakai
    dengan tekstur nyata
    menggunakan bahan
    alam setempat dan bahan
    buatan.

7. Siswa dapat membuat
    benda pakai dengan
    tekstur nyata mengguna-
    kan bahan alam setempat
    setempat dan bahan
    buatan.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........


SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   IV (EMPAT)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   16. Mebuat karya kerajinan dan benda konstruksi


8.1 Merancang karya ke-
      rajinan dengan me   -
      manfaatkan teknik
      atau motif hias
      Nusantara.   

82 Membuat karya kera-
     jinan berdasarkan
     rancangan sendiri.

8.3 Merancang pembuat
      an benda dengan tek-
      nik konstruksi.

8.4 Membuat benda
      dengan teknik kons-
      truksi.




















Model Konstruksi

1. Menyebutkan ba -
    han dan alat dalam
    pembuatan model
    benda konstruksi.


2. Mengelompokkan
    model benda kons-
    truksi berdasarkan
    kreasi.

3. Menyebutkan ber-
    bagai bentuk mo –
    del benda konstruk
    si.

4. Menyebutkan fung
    si komponen mo   -
    del benda konstruk
    si




5. Mengelompokkan
    model benda kon-
    truksi berdasarkan
    kekuatannya.


6. Memilih bahan un
    tuk pembuatan mo
    del benda konstruk
    si.

7. Memilih ketepatan
    warna.



8. Merancang pembu
    atan model benda
    konstruksi.


9. Membuat model
    benda konstruksi

10. Menghias model
      benda yang dibuat


1. Siswa dapat menyebut -
    kan berbagai jenis bahan
    dan alat dalam pembuat-
    an model benda konstruk
    si.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan model benda
    konstruksi berdasarkan
    kreasi.

3. Siswa dapat menyebut –
    kan berbagai bentuk mo-
    del benda konstruksi.


4. Siswa dapat menyebut –
    kan fungsi komponen
    model benda konstruksi





5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan model benda
    konstruksi berdasarkan
    kekuatannya.


6. Siswa dapat memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda konstruksi


7. Siswa dapat memilih
    ketepatan warna dalam
    pembuatan model benda
    konstruksi.

8. Siswa dapat merancang
    pembuatan model benda
    dengan teknik lipat de-
    ngan teknik konstruksi

9. Siswa dapat membuat
    model benda konstruksi

10. Siswa dapat menghias
      model benda yang
      dibuat.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........

SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   IV (EMPAT)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   15. Mengapresiasikan karya kerajinan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan

7.1 Mengidentifikasi
      jenis karya kerajinan
      Nusantara daerah
      setempat

72 Menampilkan perila-
     ku apresiatif terhadap
     karya kerajinan
     Nusantara daerah
     setempat.






















Tekstur

1. Ciri-ciri tekstur da-
    lam pembuatan
    bahan kerajinan
    daerah setempat


2. Mengelompokkan
    tekstur dari bahan
    alam dan buatan
    daerah setempat.

3. Mengelompokkan
    benda pakaiberda-
    sarkan tekstur
    kasar dan halus
    daerah setempat





4. Memilih benda
    pakai bahan alam
    bertekstur yang
    sesuai daerah se-
    tempat.

5. Memilih benda
    pakai bahan buatan
    bertekstur yang
    sesuai daerah se-
    tempat.

6. Merancang model
    benda.





7. Membuat model
    benda.

1. Siswa dapat mengurai -
    kan ciri-ciri tekstur
    dalam pembuatan bahan
    kerajinan daerah setem-
    pat.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan tekstur dengan
    bahan alam dan buatan
   daerah setempat.

3. Siswa dapat mengelom-
   pokkan benda pakai ber-
   dasarkan tekstur kasar
   dan halus daerah setem-
   pat.





4. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan alam bertek - 
    stur yang sesuai daerah
    setempat.

5. Siswa dapat memilih
    benda pakai mengguna-
    kan bahan buatan ber-
    tekstur yang sesuai
    daerah setempat.

6. Siswa dapat membuat
    rancangan benda pakai
    dengan tekstur nyata
    menggunakan bahan
    alam setempat dan bahan
    buatan.

7. Siswa dapat membuat
    benda pakai dengan
    tekstur nyata mengguna-
    kan bahan alam setempat
    setempat dan bahan
    buatan.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........


SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   V (LIMA)
SEMESTER                            :   I (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   7. Mengapresiasikan karya kerajinan


7.1 Mendiskripsi kesesu
      aian fungsi, kekuatan
      dan keindahan karya
      kerajinan meronce. 

72 Menampilkan sikap
     apresiatif terhadap
     karya kerajinan
     meronce.





















Komposisi dan Merangkai Bunga

1. Menjelaskan ten-
    tang prinsip kom-
    posisi, proporsi,
    dan keseimbangan
    dalam berbagai
    benda hias.

2. Mengelompokkan
    benda hias sesuai
    prinsip komposisi,
    irama, dan kesatu –
    an.

3. Merancang benda
    kerajinan dengan
    teknik merangkai.

4. Membuat benda
    kerajinan dengan
    teknik merangkai




5. Mengelompokkan
    benda pakai/hias
    berdasarkan prin –
    sip komposisi
    bentuk dari teknik
    merangkai


1. Siswa dapat mengurai -
    kan prinsip komposisi,
    proporsi, dan keseim –
    bangan dalam dari ber-
    bagai benda hias.


2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda hias sesu-
    ai prinsip komposisi,
    irama, dan kesatuan.


3. Siswa dapat merancang
    benda kerajinan dengan
    teknik merangkai.

4. Siswa dapat membuat
    benda kerajinan dengan
    teknik merangkai.




5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda pakai /
    hias berdasarkan prinsip
    komposisi bentuk dari
    teknik merangkai.





Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........














SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   V (LIMA)
SEMESTER                            :   I (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   8. Membuat karya kerajinan dan benda permainan


8.1 Merancang karya
      kerajinan meronce. 

82 Membuat karya
     kerajinan meronce

8.3 Merancang benda
      permainan yang
      digerakkan oleh
      tali.

8.4 Membuat benda
      permainan yang
      digerakkan oleh
      tali.
    





















Karya Kerajinan dan
Benda Permainan

1. Membedakan
    karakteristik bahan
    alam untuk mem-
    buat benda pakai
    teknik meronce.

2. Membedakan
    karakteristik bahan
    buatan untuk mem-
    buat benda pakai
    teknik meronce.

3. Merancang benda
    kerajinan dengan
    teknik meronce.

4. Membuat benda
    kerajinan dengan
    teknik meronce.





5. Mengelompokkan
    benda pakai/hias
    berdasarkan prin –
    sip komposisi
    bentuk dari teknik
    meronce.

6. Menyebutkan ba –
    han dan alat dalam
    pembuatan benda
    mainan yang dige-
    rakkan dengan tali

7. Menyebutkan ber –
    bagai bentuk mo   -
    del benda yang di
    gerakkan dengan
    tali.

8. Menjelaskan fung-
    si komponen mo-
    del benda yang
    digerakkan dengan
    tali.

9. Menjelaskan cara
    kerja pembuatan
    model benda yang
    digerakkan dengan
    tali.

10. Mengelompokkan
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali berdasarkan
      kreasi.

11. Mengelompokkan
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali berdasarkan
      kekuatannya.

12. Memilih bahan
      untuk membuat
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali.

13. Memilih ketepat –
      an warna dalam
      pembuatan model
      benda yang dige –
      rakkan dengan
      tali.

14. Merencanakan
      pembuatan model
      benda yang dige-
      rakkkan dengan
      tali.

15. Membuat model
      benda yang dige-
      rakkan dengan
      tali.

16. Menghias model
      benda yang dibuat
      nya.


1. Siswa dapat membeda -
    kan karakteristik bahan
    alam dalam membuat
    benda pakai teknik
    meronce.

2. Siswa dapat membeda -
    kan karakteristik bahan
    buatan dalam membuat
    benda pakai teknik
    meronce.

3. Siswa dapat merancang
    benda kerajinan dengan
    teknik meronce

4. Siswa dapat membuat
    benda kerajinan dengan
    teknik meronce.





5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda pakai /
    hias berdasarkan prinsip
    komposisi bentuk dari
    teknik meronce.


6. Siswa dapat menyebut-
    kan berbagai bahan dan
    alat dalam pembuatan
    model benda yang dige-
    rakan dengan tali.

7. Siswa dapatmenyebut-
    kan berbagai bentuk
    model benda yang dige-
    rakan dengan tali.


8. Siswa dapat menjelaskan
    fungsi komponen model
    benda yang digerakkan
    dengan tali.


9. Siswa dapat menjelaskan
    cara kerja pembuatan
    model benda yang dige –
    rakkan dengan tali.


10. Siswa dapat mengelom
      pokkan model benda
      yang digerakkan
      dengan tali berdasarkan
      kreasi.

11. Siswa dapat mengelom
      pokkan model benda
      yang digerakkan
      dengan tali berdasarkan
      kekuatannya.

12. Siswa dapat memilih
      bahan dalam pembuat-
      an model benda yang
      digerakkan dengan tali.


13. Siswa dapat memilih ke
      tepatan warna dalam
      pembuatan model ben –
      da yang digerakkan
      dengan tali.


14. Siswa dapat merencana
      kan pembuatan model
      benda yang digerakkan
      dengan tali.


15. Siswa dapat membuat
      model benda yang di-]
      gerakkan dengan tali.


16. Siswa dapat menghias
      model benda yang di-
      buatmya.


Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........















SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   V (LIMA)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   15. Mengapresiasikan karya kerajinan


15.1 Mendiskripsi kese- 
        suaian fungsi, keku
        atan dan keindahan
        karya kerajinanan
        makrame. 

152 Menampilkan sikap
       apresiatif terhadap
       karya kerajinan
       makrame.





















Karya Kerajinan dan
Benda Permainan

1. Menjelaskan ten-
    tang prinsip kom-
    posisi, proporsi,
    dan keseimbangan
    dalam berbagai
    benda hias.

2. Mengelompokkan
    benda hias sesuai
    prinsip komposisi,
    irama, dan kesatu –
    an.

3. Merancang benda
    kerajinan dengan
    teknik makrame.

4. Membuat benda
    kerajinan dengan
    teknik makrame




5. Mengelompokkan
    benda pakai/hias
    berdasarkan prin –
    sip komposisi
    bentuk dari teknik
    makrame.


1. Siswa dapat mengurai -
    kan prinsip komposisi,
    proporsi, dan keseim –
    bangan dalam dari ber-
    bagai benda hias.


2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda hias sesu-
    ai prinsip komposisi,
    irama, dan kesatuan.


3. Siswa dapat merancang
    benda kerajinan dengan
    teknik makrame

4. Siswa dapat membuat
    benda kerajinan dengan
    teknik makrame.




5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda pakai /
    hias berdasarkan prinsip
    komposisi bentuk dari
    teknik makrame.





Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........














SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   V (LIMA)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   16. Membuat karya kerajinan dan benda permainan


16.1 Merancang karya
        kerajinan makrame

162  Membuat karya
        kerajinan makrame

16.3 Merancang benda
        permainan yang
        digerakkan oleh
        tali.

16.4 Membuat benda
       permainan yang
       digerakkan oleh
       tali.
    





















Karya Kerajinan dan
Benda Permainan

1. Membedakan
    karakteristik bahan
    alam untuk mem-
    buat benda pakai
    teknik makrame.

2. Membedakan
    karakteristik bahan
    buatan untuk mem-
    buat benda pakai
    teknik makrame.

3. Merancang benda
    kerajinan dengan
    teknik makrame.

4. Membuat benda
    kerajinan dengan
    teknik makrame.





5. Mengelompokkan
    benda pakai/hias
    berdasarkan prin –
    sip komposisi
    bentuk dari teknik
    makrame

6. Menyebutkan ba –
    han dan alat dalam
    pembuatan benda
    mainan yang dige-
    rakkan dengan tali

7. Menyebutkan ber –
    bagai bentuk mo   -
    del benda yang di
    gerakkan dengan
    tali.

8. Menjelaskan fung-
    si komponen mo-
    del benda yang
    digerakkan dengan
    tali.

9. Menjelaskan cara
    kerja pembuatan
    model benda yang
    digerakkan dengan
    tali.

10. Mengelompokkan
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali berdasarkan
      kreasi.

11. Mengelompokkan
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali berdasarkan
      kekuatannya.

12. Memilih bahan
      untuk membuat
      model benda yang
      digerakkan dengn
      tali.

13. Memilih ketepat –
      an warna dalam
      pembuatan model
      benda yang dige –
      rakkan dengan
      tali.

14. Merencanakan
      pembuatan model
      benda yang dige-
      rakkkan dengan
      tali.

15. Membuat model
      benda yang dige-
      rakkan dengan
      tali.

16. Menghias model
      benda yang dibuat
      nya.


1. Siswa dapat membeda -
    kan karakteristik bahan
    alam dalam membuat
    benda pakai teknik
    makrame.

2. Siswa dapat membeda -
    kan karakteristik bahan
    buatan dalam membuat
    benda pakai teknik
    makrame.

3. Siswa dapat merancang
    benda kerajinan dengan
    teknik makrame

4. Siswa dapat membuat
    benda kerajinan dengan
    teknik makrame.





5. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda pakai /
    hias berdasarkan prinsip
    komposisi bentuk dari
    teknik makrame


6. Siswa dapat menyebut-
    kan berbagai bahan dan
    alat dalam pembuatan
    model benda yang dige-
    rakan dengan tali.

7. Siswa dapatmenyebut-
    kan berbagai bentuk
    model benda yang dige-
    rakan dengan tali.


8. Siswa dapat menjelaskan
    fungsi komponen model
    benda yang digerakkan
    dengan tali.


9. Siswa dapat menjelaskan
    cara kerja pembuatan
    model benda yang dige –
    rakkan dengan tali.


10. Siswa dapat mengelom
      pokkan model benda
      yang digerakkan
      dengan tali berdasarkan
      kreasi.

11. Siswa dapat mengelom
      pokkan model benda
      yang digerakkan
      dengan tali berdasarkan
      kekuatannya.

12. Siswa dapat memilih
      bahan dalam pembuat-
      an model benda yang
      digerakkan dengan tali.


13. Siswa dapat memilih ke
      tepatan warna dalam
      pembuatan model ben –
      da yang digerakkan
      dengan tali.


14. Siswa dapat merencana
      kan pembuatan model
      benda yang digerakkan
      dengan tali.


15. Siswa dapat membuat
      model benda yang di-]
      gerakkan dengan tali.


16. Siswa dapat menghias
      model benda yang di-
      buatmya.


Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........













SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   VI (ENAM)
SEMESTER                            :   I (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   7. Mengapresiasikan karya kerajinan


7.1 Mendiskripsi kesesu
      aian fungsi, kekuatan
      dan keindahan karya
      kerajinan anyaman. 

72 Menampilkan sikap
     apresiatif terhadap
     karya kerajinan
     anyaman.





















Kerajinan
Anyaman

1. Menjelaskan ten-
    tang prinsip kerajin
    an menganyam.

2. Mengelompokkan
    benda pakai kerajin
    an anyaman.

3. Menyebutkan ba –
    han dan alat untuk
    kerajinan anyaman


4. Menyebutkan fung
    si benda pakai/hias
    dari teknik annyam
    an.

5. Mengelompokkan
    benda pakai dari
    teknik anyaman
    berdasarkan kekuat
   annya.

6. Menentukan kese-
    suaian bentuk dan
    ukuran benda pakai
    ataupun benda hias
    dari teknik anyam-
    an.

7. Menentukan kese –
    suaian warna untuk
    benda pakai/hias
    dengan teknik
    anyaman.


1. Siswa dapat mengurai -
    kan prinsip kerajinan
    menganyam.

2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda pakai
    kerajinan anyaman.

3. Siswa dapat menyebut-
    kan bahan dan alat da-
    lam membuat kerajinan
    anyaman.

4. Siswa dapat menyebut –
    kan fungsi berbagai ben
    da pakai/hias dari teknik
    anyaman.

5. Mengelompokkan benda
    pakai dari teknik anyam-
    an berdasarkan kekuatan
    nya.


6. Siswa dapat menilai ben-
    tuk dan ukuran dari ben-
    da pakai/hias dari teknik
    anyaman.



7. Siswa dapat menentukan
    keseuaian warna untuk
    benda pakai/hias dengan
    teknik anyaman.






Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........










SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   VI (ENAM)
SEMESTER                            :   I (GASAL)
STANDAR KOMPETENSI  :   8. Membuat karya kerajinan


8.1 Membuat karya
     kerajinan anyaman

8.3 Merancang benda
      pakai dari bahan
      anyaman.

8.4 Membuat benda
      pakai dari bahan
      anyaman
    











Kerajinan
Anyaman

1. Merancang benda
    kerajinan dengan
    teknik anyaman
    dari bahan kertas

2. Membuat benda
    kerajinan dengan
    teknik anyaman
    dari bahan kertas.

3. Merancang benda
    pakai dengan
    teknik anyaman
    dari bahan selain
    kertas

4. Membuat benda
    pakai dengan
    teknik anyaman
    dari bahan selain
    kertas.


1. Siswa dapat merancang
    benda kerajinan dengan
    teknik anyaman dari ba
    han kertas

2. Siswa dapat membuat
    benda kerajinan dengan
    teknik anyaman dari
    bahan kertas.

3. Siswa dapat merancang
    benda pakai dengan
    teknik anyaman dari ba
    han selain kertas


4. Siswa dapat membuat
    benda pakai dengan
    teknik anyaman dari
    bahan selain kertas.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........






















SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   VI (ENAM)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   15. Mengapresiasikan karya kerajinan


15.1 Mendiskripsi kese- 
        suaian fungsi, keku
        atan dan keindahan
        karya kerajinanan
        makrame. 

152 Menampilkan sikap
       apresiatif terhadap
       karya kerajinan
       makrame.





















Karya Kerajinan dan
Benda Beroda

1. Menyebutkan ber-
    bagai bentuk mo –
    del benda yang di-
    gerakkan dengan
    roda.

2. Menginterprestasi-
    kan secara lisan
    fungsi komponen
    dari model benda
    yang digerakkan
    dengan roda.

3. Menjelaskan fung
    si komponen ben
    da yang digerakkan
    dengan roda.

4. Menggambarkan
    secara lisan prinsip
    prinsip dari model
    benda yang digerak
    kan dengan roda.

5. Memperjelas cara
    kerja model benda
    yang digerakkan
    dengan roda.

1. Siswa dapat menyebut -
    kan berbagai bentuk mo-
    del benda yang digerak-
    kan dengan roda.


2. Siswa dapat menginter-
    prestasikan secara lisan
    fungsi komponen dari
    model benda yang dige-
    rakkan dengan roda.


3. Siswa dapat menjelaskan
    fungsi komponen
    benda yang digerakkan
    dengan roda.

4. Siswa dapat menggam –
    barkan secara lisan prin-
    sip-prinsip dari model
    benda yang digerakkan
    dengan roda.

5. Siswa dapat menjelaskan
    cara kerja model benda
    yang digerakkan dengan
    roda.



Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........
















SILABUS
SEKOLAH                             :   .............................................................
MATA PELAJARAN                        :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                   :   VI (ENAM)
SEMESTER                            :   II (GENAP)
STANDAR KOMPETENSI  :   16. Membuat benda mainan beroda


16.1 Merancang benda
        mainan beroda

16.2 Membuat benda
        mainan beroda





















Benda Beroda

1. Menyebutkan ba-
    han dan alat untuk
    membuat model
    benda yang digerak
    kan dengan roda.

2. Memilih bahan un-
    tuk pembuatan mo-
    del benda yang di-
    gerakkan dengan
    roda.

3. Merencanakan
    model pembuatan
    benda transportasi
    yang digerakkan
    dengan roda.

4. Membuat model
    kan model pembu-
    atan benda transpor
    tasi yang digerak –
    dengan roda.
   
5. Menghias benda
    yang dibuatnya.

6. Memilih ketepatan
    warna dalam pem-
    buatan model ben-
    da yang digerakkan
    dengan roda.

1. Siswa dapat menyebut -
    kan berbagai jenis bahan
    dan alat dalam pembuat
    an model benda yang
    digerakkan dengan roda.

2. Siswa dapat memilih ba-
    han dalam memilih ba –
    han dalam pembuatan
    model benda yang dige-
    rakkan dengan roda.

3. Siswa dapat merencana-
    kan model pembuatan
    benda transportasi yang
    digerakkan dengan roda
   

4. Siswa dapat membuat
    model pembuatan
    benda transportasi yang
    digerakkan dengan roda
    

5. Siswa dapat menghias
    benda yang dibuatnya.

6. Siswa dapat memilih ke-
    tepatan warna dalam
    pembuatan model benda
    yang digerakkan dengan
    roda.





Praktik

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........












Tidak ada komentar:

Poskan Komentar