Senin, 21 November 2011

Silabus SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN Berkarakter SD Kelas III semester I


SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN                  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : III
SEMESTER                              : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1      Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

Pola, pola dalam seni
·        mengenal arti pola.
·        mengamati pola ciptaan Tuhan dan pola ciptaan manusia.
·        mencari pola ciptaan Tuhan dan manusia.
·        mengamati ragam hias kain daari daerah nusantara.
·        menemukan pola bentuk, bidang, tumbuhan, hewan.
·        Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
·        mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….

Symbol yang ada di sekitar kita.
·        mengenal arti symbol.
·        menyebutkan arti symbol pada symbol lalu lintas dan symbol yang lain.
·        membuat symbol seendiri dan memberi makna.
·        menjelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada karya seni rupa.
Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….



















Symbol warna
1.        mengenal warna.
·        mengenal makna symbol warna.
·        memberi makna pada symbol warna.
·        membuat tulisan perasaan terhadap warna yang dilihatnya.
·        menyampaikan perasaannya terhadap berbagai symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
·        menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
Lesan, praktek.
praktek
Buatkan tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….
1.2      menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

Sikap apresiatif, makna symbol.
·        menjawab pertanyaan dari guru tentang symbol.
·        menulis respon pada saat melihat symbol yang ada di sekitar siswa.
·        membaca tulisan respon di depan kelas.

·        siswa dapat menunjukkan sikap apresiatif terhadap symbol dalam karya seni rupa dua dimensi.

Lesan, praktek.
praktek
Buatkan tulisan tentang respon pada saat melihat symbol yang ada di sekitar siswa.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….


·        menyebutkan makna symbol yang tersedia.
·        memberi makna symbol yang siswa ketahui.
·        siswa dapat menyebutkan makna symbol.

lesan
Jawab singkat
Sebutkan makna symbol yang tersedia.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III hal….
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(....................................................)
      NIP/NIK : ...................................








SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN                  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : III
SEMESTER                              : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
AW
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1      Mengekspresikan diri melalui gambar imajinatif mengenai diri sendiri
Gambar imajinatif
·        menggambar wajah siswa sendiri.
·        membandingkan gambar wajah sendiri dengan wajah yang sebenarnya.
·        mewarnai gambar wajah sendiri.
·        membandingkan gambar wajah sendiri dengan foto yang sudah jadi.
·        membuat gambar imajinatif mengenai diri sendiri.
·        mewarnai gambar wajahnya sendiri.
Praktek
Praktek
Buatkan gambar imajinatif mengenai diri sendiri.

5 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
2.2      Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.

Gambar dekoratif
·        membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
·        menjiplak pola buatan sendiri pada kertas gambar.
·        mewarnai pola hias buatan sendiri.
·        mencari motif hias daerah sendiri / di Indonesia yang diperoleh dari jarit, kain, selendang, dll.
·        membuat pola untuk membuat gambar dekoratif.
·        membuat gambar dekoratif dari pola buatan sendiri.
·        membuat gambar dekoratif dari motif hias daerah setempat.
Praktek
Praktek
Buatkan pola untuk membuat gambar dekoratif.

5 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls III
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(....................................................)
      NIP/NIK : ...................................

SILABUS PEMBELAJARAN DAN  SISTEM  PENILAIAN


Nama   sekolah                        :  ..................................
Mata Pelajaran             :  Seni Musik
Kelas                                       :  3 (Tiga )
Bab                                          :  Simbol Musik.
Standar Kompetensi            :  3. Mengapresiasi karya seni musik.                                             
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.             Mengidentifikasi berbagai symbol nada dalam lagu sederhana.
2.             Menghubung kan antara symbol nada dengan elemen musik.
3.             Menghubung kan antara symbol nada dengan tem po dalam lagu.

☺ Mengidentifi-ka si macam-macam symbol musik.
☺ Menjelaskan dan memperagakan  symbol sederhana 
☺ Menjelaskan dan Memperagakan melodi dengan symbol.
☺ Menjelaskan dan Memperagakan melodi kuat dan lemah.
☺ Menjelaskan dan Memperagakan Tempo lambat, sedang dan cepat.
☺ Serta memperaga kannya. 
☺ Siswa dapat menyebutkan symbol musik sederhana.
☺ Siswa dapat menyusun dan menunjukkan pola melodi pendek dengan menggunakan symbol musik secara visual.
☺ Siswa dapat membedakan melodi kuat dan melodi lemah.
☺ Siswa dapat membedakan tempo lambat, sedang, dan cepat dari lagu yang diper dengarkan.
☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai macam-macam symbol musik dan memperagakan nya.
☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai menyusun melodi dengan symbol dan memperaga kannya
☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai melodi luat dan lemah serta memperaga kannya.
☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai tempo lambat, sedang dan cepat serta memperagak-an.
☺Macam-macam simbol.
1.  Simbol Sederhana.
2.  Menyusun melodi dengan symbol.
3.  Melodi kuat dan lemah.
☺ Tempo.
1.  Tempo lambat, sedang dan cepat.


Tes tulis
Unjuk kerja
· Sebutkan symbol musik sederhana.
· Susunkanlah dan menunjukkan pola melodi pendek dengan menggunakan symbol musik secara visual.
· Bedakan melodi kuat dan melodi lemah.
· Bedakan tempo lambat, sedang, dan cepat dari lagu yang diper dengarkan.
4 jam
☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, Erlangga Jakarta.
☺ Alat tulis.
☺ Lagu.

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(....................................................)
      NIP/NIK : ...................................

SILABUS PEMBELAJARAN  DAN  SISTEM  PENILAIAN


Nama   sekolah             :  ..................................
Mata Pelajaran              :  Seni Musik
Kelas                                        :  3 (Tiga )
Bab                                          :  Karya Musik.
Standar Kompetensi               :  4. Mengapresiasikan diri melalui karya seni musik                                             
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Penilaian
AW
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4. 1  Memainkan alat musik ritmis.
4. 2  Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.

☺ Memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
  mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
☺Mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.
☺ menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain.
  menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar di hadapan anggota kelas lain.
☺ menyanyikan lagu daerah.
☺ Siswa dapat memperagakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
☺ Siswa dapat mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
☺ Siswa dapat mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.
☺ Siswa dapat menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain.
☺ Siswa dapat menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar di hadapan anggota kelas lain.
☺ Siswa dapat menyanyikan lagu daerah.
☺ Mendengarkan penjelasan guru mengenai alat musik ritmis. Dan memperagakanya.
☺ Dengan bimbingan guru mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
☺ Dengan bimbingan guru Menyanyikan lagu anak- anak
☺ Dengan bimbingan guru Menyanyikan lagu wajib dengan gerakan.
☺ Dengan bimbingan guru Menyanyikan lagu daerah.
☺ Alat musik ritmis.
1. Bermain alat musik ritmis.
2. Mengiringi lagu dengan alat musik ritmis.
☺Menyanyikan lagu anak- anak ☺Menyanyikan  lagu wajib.
1. Menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar.
2. Menyanyikan lagu wajib dengan gerakan
☺Menyanyikan  lagu daerah.



Lisan
praktek
☺ Peragakan berbagai cara memainkan alat musik ritmis.
☺ Giringikan lagu dengan alat musik ritmis.
☺ Peragakan mempertunjukkan karya musik kepada anggota kelas lain dengan bermain musik.
☺ Peragakan cara menyanyikan lagu anak-anak dengan syair yang benar dihadapan anggota kelas lain.
☺ Peragakan cara menyanyikan lagu wajib dengan syair yang benar di hadapan anggota kelas lain.
☺ Peragakan cara menyanyikan lagu daerah.
4 jam
☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, Erlangga Jakarta.
☺ Lagu anak-anak
☺ Lagu wajib.
☺ Lagu daerah.
☺ Alat musi ritmis, misalnya drum, castanyet, dll.
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(...................................................)
      NIP/NIK : ..................................

SILABUS PEMBELAJARAN DAN  SISTEM  PENILAIAN


Nama   sekolah             : ..................................
Mata Pelajaran              :  Seni Tari
Kelas                                        :  3 (Tiga )
Bab                                          :  Gerakan simbolis.
Standar Kompetensi               :  5.  Mengapresiasi karya seni tari.
                                             
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.              Menjelaskan symbol dalam seni tari.
2.              Menunjukk-an sikap apresiatif terhadap symbol yang terkandung dalam karya seni tari berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukk-an.

☺Mengidentifikasi macam-macam gerak simbolis.
☺Memperagakan gerak maknawi dan gerak murni.
☺ Menjelaskan arti gerakan simbolis.
☺Mengidentifikasi gerakan gemulai serta memperaga kannya.
☺Mengidentifikasi gerakan patah-patah.
☺Mengidentifikasi gerakan dinamis.

☺ Siswa dapat membedakan gerak maknawi dan gerak murni dan memperaga kannya. 
☺ Siswa dapat menjelaskan arti gerakan simbo lis.
☺ Siswa dapat menjelaskan arti gerakan gemulai dan memperaga kanya.
☺ Siswa dapat menjelaskan arti gerakan patah-patah dan memperaga kanya.
☺ Siswa dapat menjelaskan arti gerakan dinamis dan memperaga kanya.

☺ Mendengarkan penjelasan guru  tentang  macam-macam gerakan simbolis dan menjelaskannya.
☺ Mendengarkan penjelasan guru  tentang  gerak murni dan gerak maknawi serta memperagakan nya.
☺ Mendengarkan penjelasan guru  tentang  arti gerakan simbolis  dan memperaga kannya.
~ Memperagakan gerakan gemulai.
~ Memperagakan gerakan patah-patah.
~ Memperagakan gerakan dinamis.
Macam-macam gerakan simbolis
1. Gerak maknawi dan gerak murni.
2.Memeragakan gerak murni dan gerak maknawi.
☺ Arti gerakan simbolis.
1.  Gerakan Gemulai.
2.  Gerakan patah-patah.
3. Gerakan dinamis.


Tes tulis
Unjuk kerja
☺ Bedakan gerak maknawi dan gerak murni dan memperaga kannya. 
☺ Jelaskan arti gerakan simbo lis.
☺ Jelaskan arti gerakan gemulai dan memperaga kanya.
☺ Jelaskan arti gerakan patah-patah dan memperaga kanya.
☺ Jelaskan arti gerakan dinamis dan memperaga kanya.

4 jam
Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, Erlangga Jakarta.
☺ Ruang tari
☺Iringan tari  daerah.
☺ Tape recorder, CD, atau alat musik daerah.
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(....................................................)
      NIP/NIK : ...................................





SILABUS PEMBELAJARAN DAN  SISTEM  PENILAIAN


Nama   sekolah             : ..................................
Mata Pelajaran              :  Seni Tari
Kelas                                        :  3 (Tiga )
Bab                                          :  Karya Tari Sederhana.
Standar Kompetensi               :  6. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari.
                                             
Kompetensi Dasar
Hasil Belajar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Pengalaman Belajar
Materi Pokok
Penilaian
Aw
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1.        Menyiapkan penyajian tarian pendek bertema tanpa iringan.
6.2.        Menyajikan tari pendek bertema tanpa iringan.

☺Memperagakan bentuk pendek berkelompok.

☺ Siswa dapat memperagakan karya tari pendek berkelompok.

☺ Mendengarkan penjelasan guru bentuk tari pendek berpasa ngan dan mem peragakannya.
☺ Dengan bimbingan guru memperagakan tari pendek berkelompok.
Memeraga kan bentuk tari pendek.
1. Tari pendek berpasangan.
☺ Memeraga kan tari pendek berkelompok.


☺Performance (Memperagakan bentuk tari pendek.).


Memperagakan
Peragakan Tari pendek berpasangan
6 jam
Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, Erlangga Jakarta.
☺ Ruang tari
☺Iringan tari  daerah.
☺ Tape recorder, CD.
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )





Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(..................................................)
      NIP/NIK : .................................


SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                :   .............................................................
MATA PELAJARAN                  :   SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                         :   III (TIGA)
SEMESTER                              :   1 (GANJIL)
STANDAR KOMPETENSI         :   7. Membuat benda yang dapat digerakkan oleh angin secara sederhana
Kompetensi Dasar
Materi Pokok /
Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber Bahan
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen

7.1Menampilkan sikap
      apresiatif terhadap
      benda yang digerak
      kan oleh angin.

7.2 Merancang benda
      yang dapat digerak
      kan oleh angin dari
      bahan kertas.

7.3 Membuat benda
      yang dapat digerak
      kan oleh angin dari
      bahan kertas.




















Benda yang Digerakkan angin

1. Membedakan ben-
    da yang dapat dige
    rakkan dan tidak
    dapat digerakkan
    oleh angin.
2. Mengelompokkan
    benda yang dapat
    digerakkan oleh
    angin berdasarkan
    proses kerjanya.
3. Mengidentifikasi
    bahan dan alat ben
    da yang dapat dige
    rakkan oleh angin
4. Memilih bahan
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh              
    angin dari kertas.
5. Memilih ukuran
    dalam pembuatan
    model benda yang
    digerakkan oleh
    angin dari bahan
    kertas.
6. Membuat model
    mainan
7. Menghias benda
    yang dibuat.
  

1. Siswa dapat membeda -
    kan benda yang dapat
    digerakkan dan tidak
    dapat digerakkan oleh
    angin.
2. Siswa dapat mengelom-
    pokkan benda yang
    dapat digerakkan oleh
    angin berdasarkan pro-
    ses kerjanya.
3. Siswa dapat mengidenti-
    fikasi bahan dan alat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.
4. Siswa dapat memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.
5. Siswa dapat memilih
    kuran dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    digerakkan oleh angin.
6. Siswa dapat membuat
    model mainan.
7. Siswa dapat menghias
    benda yang dibuat.
Tes tulis
Unjuk kerja
1. Bedakan benda yang dapat
    digerakkan dan tidak
    dapat digerakkan oleh
    angin.
2. Kelompokkan benda yang
    dapat digerakkan oleh
    angin berdasarkan pro-
    ses kerjanya.
3. Jelaskanlah bahan dan alat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.
4. Bagaimana cara memilih
    bahan dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    benda yang dapat dige-
    rakkan oleh angin.
5. Bagaimana cara memilih
    kuran dalam pembuatan
    model benda yang dapat
    digerakkan oleh angin.
6. Buatkanlah
    model mainan.
7. Bagaimana cara menghias
    benda yang dibuat.

4 X 40 menit

Kreasi Seni Budaya
dan Keterampilan, kelas 2, Tim Abdi Guru ,Erlangga, halaman .........
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



Mengetahui,
Kepala Sekolah.........



(............................................)
 NIP/NIK : .........................

..........., ............................ 20.....
Guru Mapel SBK.



(......................................................)
      NIP/NIK : ...................................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar