Senin, 21 November 2011

Silabus SBK Berkarakter SD Kelas V semester 1


SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
1.1.   menjelaskan makna motif hias.

Makna motif hias.
·     mengenal seni rupa nusantara dan motif pada kostum, dan perhiasan yang dipakai dalam pentas seni tari.

·     menyebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
·     mengelompokkan berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara.
Tes tulis
Jawab Singkat
Sebutkan cirri-ciri berbagai jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa nusantara?
4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….
1.2.   mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah setempat.

Jenis motif hias. Bentuk objek
·     mengidentifikasi jenis motif hias.
·     mencari motif hias pada kostum yang dipakai para penari nusantara.
·     mengenal tiga macam objek: manusia, hewan, dan tumbuhan.
·     menemukan jenis objek yang ada pada karya seni yang terdapat pada costum penari.
·     mengidentifikasi jenis motif hias.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis motif hias
4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….
1.3.   menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan motif hias karya seni rupa nusantara daerah setempat.

Sikap apresiasi
·     mencari beberapa motif hias pada buku, majalah, surat kabar, kain, lukisan, dll.
·     menggunakan motif yang ada sebagai model untuk membuat motif-motif yang baru.
·     siswa dapat membuat motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.
Praktek
Praktek
Buatkan motif baru berdasarkan motif-motif daerah yang ada.
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls V hal….
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
o    Mengekspresikan diri melalui gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.

Gambar dekoratif, motif-motif dekoratif.
·     mempelajari contoh-contoh motif hias.
·     membuat motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa.
·     membuat gambar dekoratif dengan cara menggabungkan beberapa motif dasar sesuai dengan kreatifitas siswa.
·     Membuat gambar dekoratif dengan motif hias nusantara.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar dekoratif dengan motif hias nusantara
4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls  V Hal…..
o    mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.

Gambar ilustrasi.
·     mendengarkan cerita guru tentang ciptaan Tuhan.
·     mengamati gambar binatang.
·     tanya jawab tentang binatang.
·     mengetahui manfaat hewan bagi manusia.
·     menggambar hewan.
·     membuat gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
Praktek
Praktek
Buat kan gambar ilustrasi dengan tema hewan dan kehidupannya.
4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls V  Hal…..
o    membuat motif hias dasar jumputan kain.

Motif hias.
·     mengenal celup ikat.
·     membuat tisu celup ikat.
·     membuat kain celup ikat.
·     membuat kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.
·     membuat tulisan berbagai jenis pembuatan dan karakter ragam hias teknik celup ikat.
Praktek
Praktek
Buat kan kumpulan tentang berbagai jenis karakter ragam hias dan berbagai jenis teknik pembuatan celup ikat.

2 X 35 menit

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 3.  Mengapresiasi karya  seni musik.
                       
KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
INDIKATOR PENCAPAIAN
K OMPETENSI
KEGIATAN PEMBELAJARAN*
Penilaian
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1. Mengidentifikasi berbagai ragam lagu daerah Nusantara
Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

·     Siswa dapat menunjukkan macam-macam musik daerah

·     Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan macam-macam musik daerah
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

3.2. Menjelaskan makna ansambel sejenis. dengan iringan di depan penonton

Apresiasi musik dan lagu wajib dan daerah Nusantara

·         Siswa dapat memainkan ansambel sejenis

·     Mengapresiasi beberapa musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana cara memainkan ansambel sejenis
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

3.3. Menampilkan sikap apresiatif  terhadap berbagai musik/lagu daerah Nusantara

Pertunjukkan alat musik ritmis
·       Menampilkan/ mempertunjukkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis di depan penonton.
·       Memainkan alat musik ritmis dengan irama dan  tempo yang tepat.
·       Menampilkan/ mempertunjukkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis di depan penonton
·       Mempertunjukkan permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
·       menggunakan alat musik ritmis yang disediakan, siswa dapat memainkan / mengiringi sebuah lagu
·       permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik                 
                
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1. Memainkan alat musik ritmis dan melodis sederhana dalam bentuk ansambel sejenis
Memainkan ansambel sejenis
·       Siswa dapat memainkan ansambel sejenis, dengan menggunakan alat musik melodi
·       Mendengarkan penjelasan guru Mengenai ansambel sejenis
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan cara memainkan ansambel sejenis, dengan menggunakan alat musik melodi
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

4.2. Mengadakan pementasan perpaduan musik, tari dan bahasa
perpaduan musik, tari dan bahasa
·       Siswa dapat pementasan perpa duan musik, tari dan bahasa
·       Dengan bimbingan guru, memainkan alat musik pianikadan alat musik ritmis. Dengan lagu berjudul Kulihat Ibu pertiwi
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana cara perpa duan musik, tari dan bahasa
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/ musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................



SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah                        :
Mata Pelajaran                         :  Seni Tari
Kelas                                       :  5 (Lima )
Bab                                          :  Gerak tari bermakna.
Standar Kompetensi                :  5. Mengapresiasi karya seni tari
                                             
KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN*
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penilaian
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
5.1. Mengidentifi-kasi gerak, busana, dan perlengkapanseni tari Nusan tara daerah lain.

Tari Bertema
·   Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat

·   Mengamati gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
·   Mengidentifikasi gerak, busana dan perlengkapan seni tari daerah Jawa Barat
·   Menyebutkan kelengkapan tari daerah Jawa Barat
·   Membedakan bentuk gerak tari daerah Jawa Barat

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Sebutkan gerak, busana, dan perlengkapanseni tari Nusan tara daerah lain.

2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

5.2.  Menampilkan sikap apresiatif terhadap keuni kan gerak, busana, dan per lengkapan karya seni tari Nusan tara daerah lain.







Apresiasi Tari
·   Mengapresiasi keunikan gerak, busana, dan perlengkapan karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengamati gambar , foto, film atau model tentang gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengidentifikasi keistimewahan  dan keunikan karya seni tari daerah lain
·   Mengapresiasi keunikan dan keistimewahan gerak, busana dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah lain
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana sikap apresiatif terhadap keuni kan gerak, busana, dan per lengkapan karya seni tari Nusan tara daerah lain.

2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

5.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Apresiasi Tari
·   Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

·   Mengamati gambar, foto atau film tentang simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengidentifikasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
·   Mengapresiasi simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
Bagaimana sikap apresiatif terhadap simbol yang terkandung dalam karya seni tari Nusantara daerah lain

2 x 35 Menit
·   Buku paket SBK standar isi 2006
·   Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·    Film dokumenter
·   Gambar atau foto

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                        
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................



SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 7.  Mengapresiasi Karya Kerajinan
                                 
Kompetensi
 Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Mendiskripsi kesesuaian fungsi, kekuatan  dan keindahan karya      kerajinan meronce
kesesuaian fungsi, kekuatan  dan keindahan karya      kerajinan meronce
·       Menjelaskan tentang prinsip komposisi, proporsi, dan keseimbangan    dalam berbagai    benda hias.
·       Mengelompok-kan benda hias sesuai  prinsip komposisi,    irama, dan kesatuan.

·       Siswa dapat menguraikan prinsip komposisi,    proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber-    bagai benda hias
·       Siswa dapat mengelom-    pokkan benda hias sesuai prinsip komposisi,     irama, dan kesatuan
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·       Jelaskan prinsip komposisi,    proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber-    bagai benda hias
·       Jelaskan benda hias sesuai prinsip komposisi,     irama, dan kesatuan
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

7.2.Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan meronce Nusantara daerah setempat

apresiatif terhadap karya kerajinan meronce Nusantara daerah setempat
·       Merancang benda    kerajinan dengan teknik merangkai.
·       Membuat benda    kerajinan dengan    teknik merangkai
·       Mengelompokkan benda pakai/hias    berdasarkan prin sip komposisi    bentuk dari teknik    merangkai
·       Siswa dapat merancang     benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·        Siswa dapat membuat benda kerajinan dengan    teknik merangkai.
·       Siswa dapat mengelom-   pokkan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari    teknik merangkai.

Praktik
Praktik
·       Rancangkan     benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·       Buat kan benda kerajinan dengan    teknik merangkai
·       Buat kan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari    teknik merangkai.
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK


(...............................................)
         NIP / NIK : ............................
                                                                                                                     SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : V
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 8.  Membuat karya kerajinan dan benda permainan
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1 Merancang karya kerajinan meronce
karya kerajinan meronce
·       Membedakan    karakteristik bahan alam untuk mem   buat benda pakai  teknik meronce
·       Membedakan    karakteristik bahan   buatan untuk mem-    buat benda pakai teknik meronce.
·       Merancang benda    kerajinan dengan  teknik meronce.
·       Membuat benda    kerajinan dengan teknik meronce.
·       Siswa dapat membedakan karakteristik bahan    alam dalam membuat benda pakai teknik    meronce.
·       Siswa dapat membedakan karakteristik bahan    buatan dalam membuat  benda pakai teknik    meronce.
·       Siswa dapat merancang     benda kerajinan dengan teknik meronce
·        Siswa dapat membuat  benda kerajinan dengan    teknik meronce.

Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·       Jelaskan prinsip komposisi,    proporsi, dan keseimbangan dalam dari ber-    bagai benda hias
·       Jelaskan benda hias sesuai prinsip komposisi,     irama, dan kesatuan
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

8.2. Membuat karya kerajinan meronce

karya kerajinan meronce
·       Mengelompok-kan benda pakai/hias    berdasarkan prinsip komposisi    bentuk dari teknik    meronce.
·       Menyebutkan ba han dan alat dalam    pembuatan benda  mainan yang dige-   rakkan dengan tali
·       Menyebutkan ber  bagai bentuk model benda yang di    gerakkan dengan tali.
·       Menjelaskan fungsi komponen mo-    del benda yang    digerakkan dengan    tali.

·       Siswa dapat mengelom-    pokkan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari  teknik meronce.
·       Siswa dapat menyebut-    kan berbagai bahan dan alat dalam pembuatan    model benda yang digerakan dengan tali.
·       Siswa dapatmenyebut-    kan berbagai bentuk model benda yang dige-    rakan dengan tali.
·       Siswa dapat menjelaskan    fungsi komponen model benda yang digerakkan    dengan tali.
Praktik
Praktik
·       Rancangkan     benda kerajinan dengan teknik merangkai.
·       Buat kan benda kerajinan dengan    teknik merangkai
·       Buat kan benda pakai / hias berdasarkan prinsip    komposisi bentuk dari    teknik merangkai.


2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

8.3.Merancang benda permainan yang digerakkan dengan tali
benda permainan yang digerakkan dengan tali
·       Menjelaskan cara  kerja pembuatan    model benda yang    digerakkan dengan    tali.
·       Mengelompokkan model benda yang      digerakkan dengn  tali berdasarkan      kreasi.
·       Mengelompok-kan   model benda yang      digerakkan dengn  tali berdasarkan      kekuatannya.
·       Memilih bahan      untuk membuat      model benda yang      digerakkan dengn tali.

·       Siswa dapat menjelaskan    cara kerja pembuatan    model benda yang digerakkan dengan tali.
·       Siswa dapat mengelom      pokkan model benda  yang digerakkan       dengan tali berdasarkan      kreasi.
·       Siswa dapat mengelom-      pokkan model benda   yang digerakkan       dengan tali berdasarkan      kekuatannya.
·       Siswa dapat memilih bahan dalam pembuat-      an model benda yang      digerakkan dengan tali.
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·       menjelaskan    cara kerja pembuatan    model benda yang digerakkan dengan tali.

2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

8.4.Membuat benda permainan yang digerakkan dengan tali

benda permainan yang digerakkan dengan tali

·       Memilih ketepat       an warna dalam      pembuatan model  benda yang dige      rakkan dengan      tali.
·       Merencanakan      pembuatan model  benda yang dige-    rakkkan dengan      tali.
·       Membuat model      benda yang digerakkan dengan tali.
·       Menghias model  benda yang dibuat -     nya.

·       Siswa dapat memilih ke      tepatan warna dalam      pembuatan model benda yang digerakkan      dengan tali.
·       Siswa dapat merencana  kan pembuatan model      benda yang digerakkan      dengan tali.
·       Siswa dapat membuat      model benda yang di-] gerakkan dengan tali.
·       Siswa dapat menghias      model benda yang dibuatmya.

Praktik
Praktik
·       Buatkan model benda yang digerakkan      dengan tali
2 x 35’
·       Buku paket SBK standar isi 2006
·       Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
·       Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar