Senin, 21 November 2011

Silabus SBK Berkarakter SD Kelas IV semester 2


SILABUS PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                :
MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI         : 9. Mengapresiasi karya seni rupa
Kompetensi Dasar
Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian
K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
9.1  Menjelaskan makna seni rupa murni.
Karya seni rupa murni, objek, tema, symbol.
·     Menulis nama-nama karya seni.
·     Mengelompokkan karya seni dilihat dari bahan, manfaat, kegunaan.

·     Melakukan pengamatan seni rupa murni
·     Menjelaskan makna  seni rupa murni
·     Menyebutkan contoh seni rupa murni
·     Mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·     Menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa murni yang ada di daerah tempat tinggal sisw
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan makna  seni rupa murni

4 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
9.2 Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat.
Jenis objek karya seni rupa
·     Mengamati jenis objek dalam karya seni rupa seperti manusia, hewan, atau tumbuhan.
·     Menyebutkan jenis objek yang digunakan dalam karya seni rupa nusantara.
·     Menentukan objek yang terdapat pada karya seni tertentu. 
·     Menjelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi.
·     Menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·     Mendokumentasikan) contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·     Mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi
4 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni.
Sikap apresiatif
·     MencarI karya seni rupa yang berobjek manusa.
·     Mencari karya seni rpa yang berobjek hewan.
·     Mencari karya seni rupa yang berobjek tumbuhan.
·     Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni
·     Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni
·     Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·     Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
Praktek
Praktek
buatkan gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya
2 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                    
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK


(...............................................)
       NIP / NIK : ............................

SILABUS PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                :
MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
STANDAR KOMPETENSI         : 10. Mengekspresikan diri melalui karya sen rupa

Kompetensi Dasar
Materi
Pengalaman Belajar
Indikator Pencapaian
K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
10.1  Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias.

Relief, pola motif hias.
·     Tanya jawab tentang relief.
·     mengamati gambar relief.
·     berdiskusi tentang relief dengan beberapa pertanyaan.
·     Menjelaskan bentuk dasar relief
·     Menjelaskan faktor-faktor  dalam relief

Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan bentuk dasar relief

2 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..

Pola ragam hias
·     mengamati pola ragam hias sederhana dari Jawa, Bengkulu, Toraja, Flores, Batak, Bali.
·     Membuat pola ragam hias.
·     Membuat relief dengan menggunakan pola ragam hias buatan sendiri dari bahan lunak.
·     membuat relief dengan teknik pilin.
·     membuat relief dengan teknik cungkil.
·     mengemukakan pendapat tentang relief.
·     Membuat relief dengan pola motif hias






10.2  Menyiapkan karya sen rupa yang dibuat untuk pameran kelas.
Persiapan pelaksanaan pameran.
·     Tanya jawab tentang persiapan pameran.
·     mempelajari hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum pameran.
·     Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.

Praktek
Praktek
Buatkan untuk pameran kelas.
2 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
10.3  Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas.
Menata karya seni rupa.
·     membuat dekorasi panggung
·     membuat hiasan dengan kertas marmer.
·     Membuat laporan pameran.
·     Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·     Memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding
Praktek
Praktek
Membuat /memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding
2 X 35 mnt
Kreasi Seni dan Kerejinan tangan Kls. IV. Hal…..
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................





SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 11.  Mengapresiasi Karya Seni Musik.
                                             
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
11.1. Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik
makna dinamika dalam seni musik
·     Mengetahui arti dinamika dalam musik

·     mengetahui arti dinamika dalam musik
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Apa arti dinamika dalam musik
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
11.2. Mengidentifikasi perbedaan dinamika
perbedaan dinamika
·     Membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya

·     membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Bedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
11.3. Mengidentifikasi alat musik melodis
alat musik melodis
·       Mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya

·       mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Sebutkan berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
11.4. Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik
sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik
·       Mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
·       mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Bagaimana mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 12.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
                                             
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
12.1. Memainkan alat musik  melodis sederhana
alat musik  melodis sederhana
·     Memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana

·     mampu memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Bagaimana cara memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
12.2. Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
·     Menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana

·     menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
Sebutkan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
12.3. Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
alat lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
·     Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
·     menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
nyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
4 x 35’
·      Buku paket SBK
·      Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·      Standar Isi 2006
·      Kaset/ alat-alat musik
·       VCD/tape recorder
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah                        :
Mata Pelajaran                         :  Seni Tari
Kelas                                       :  4  ( Empat )
Bab                                          :  Unsur Gerak Tari Daerah Lain.
Standar Kompetensi      :  13.  Mengapresiasi karya seni tari.
                                              Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk
nstrumen
Contoh
Instrumen
13. 1. Mengidentifik-asi gerak, busana, dan  perlengkapan tari nusantara daerah lain.
13.2.  Menampilkan sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana dan serta perlengka pan seni tari nusantara lain. 

·         Macam-macam gerak tari daerah lain. 
·         Apresiasi terhadap tari  tradisional daerah lain.

·         Mendengarkan penjelasan guru  tentang  Macam – macam gerak tari daerah lain.
·         Mendengarkan penjelasan guru tentang unsur gerak tari daerah lain.
·         Menuliskan apresiasi terhadap tari daerah lain.
·         Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara dari berbagai daerah
Tes tulis
Unjuk kerja
·    Sebutkangerak, busana, dan  perlengkapan tari nusantara daerah lain.
·    Bagaimana sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana dan serta perlengka pan seni tari nusantara lain
4 jam
☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3,
☺ Ruang tari
☺Iringan tari  daerah.
☺ Tape recorder, , atau alat musik daerah.
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah                        :
Mata Pelajaran                         :  Seni Tari
Kelas                                       :  4  ( Empat )
Bab                                          :  Tari Daerah Lain.
Standar Kompetensi                :  14. Mengekspresikan diri melalui karya seni tari                                              

KOMPETENSI DASAR
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN*
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Penilaian
ALOKASI WAKTU
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
14.1  Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan




14.2 Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton.

·         Macam-macam tari daerah.





·         Menarikan tari daerah lain. 

·         Siswa mampu melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
·         Siswa dapat mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
·         Siswa dapat mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
·         Siswa mampu menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
·         Melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
·         Mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
·         Mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
·         Menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
Tes tulis
Unjuk kerja
·         Sebutkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan


·         praktikan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton.
6 jam
☺ Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 3, Erlangga Jakarta.
☺ Ruang tari
☺Iringan tari  daerah.
☺ Tape recorder, , atau alat musik daerah.
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )




                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................




SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 15.  Mengapresiasi karya kerajinan
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
15.1 Mengidentifik-asi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat


Karya kerajinan Nusantara
·       Siswa dapat mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·       Siswa dapat membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat

·       Mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·       Membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat

Tes tulis
Unjuk kerja
·       Jelaskan jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat

2 x 35’
Buku paket SBK standar isi 2006
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

15 .2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
Aneka Kerajinan Daerah Setempat
·       Siswa dapat mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat
·       Mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat
Tes lisan dan tulisan
Isian dan uraian
·       Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat
2 x 35’
Buku paket SBK standar isi 2006
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                                                                                                                               
                                                                                                                    
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................


SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 2 (genap)
Standar Kompetensi      : 16.  Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
16.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·       Siswa mampu merancang aneka kerajinan dengan motif natural

·       Merancang aneka kerajinan dengan motif natural

Tes tulis
Unjuk kerja
Buatkan karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
16 .2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri
karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri
·       Siswa dapat menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel

·       Menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel

Tes tulis
Unjuk kerja
·       Buatkan karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
16.3. Merancang pembuatan  benda dengan teknik  konstruksi
teknik  konstruksi
·       Siswa dapat mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan

·       Mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan

Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan benda dengan teknik  konstruksi
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
16.4. Membuat benda dengan teknik  konstruksi

teknik  konstruksi
·       Siswa mampu membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
·       Membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
Tes tulis
Unjuk kerja
·       Buat kan benda dengan teknik  konstruksi
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar