Senin, 21 November 2011

Silabus SBK Berkarakter SD Kelas IV semester 1


SILABUS PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 1. Mengapresiasi karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
1.1.      Menjelaskan makna seni rupa terapan.

Seni rupa terapan, cirri-ciri berbagai jenis objek.
·         mengamati gambar rumah adat di nusantara.
·         mengenal cirri-ciri rumah adat tertentu.
·         menyebutkan cirri-ciri hasil karya: gerabah, patung dayak, konde.
·         mencari gambar karya seni di daerah siswa atau daerah lain
·         menyebutkan cirri-cirinya.
·         Melakukan pengamatan seni rupa terapan
·         Menyimak penjelasan tentang makna  seni rupa terapan.
·         Melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa terapan.
·         Menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa terapan yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
·         Melalui pengamatan model  dan diskusi, siswa menjelaskan cirri-ciri seni rupa terapan yang ada di daerahnya masing-masing.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan makna seni rupa terapan
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.2.      mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.





Jenis-jenis objek, tema, dan symbol dalam karya seni rupa.
·         mempelajari persamaan dan perbedaan dua karya seni nusantara.
·         mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni kain batik.
·         mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni keris dan clurit.
·         mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni wayang golek dan wayang kulit.
·         mencari persamaan dan perbedaan dari karya seni kalung kalimantan dan kalung maluku.
·         Melalui Pengamatan pada model, siswa menjelaskan beberapa jenis seni rupa terapan yang pernah diamati.
·         Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
·         Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
·         Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan jenis karya seni rupa terapan yang ada di daerah setempat.
2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.3.      menunjukkan sikap apresiatif terhadap kesesuaian fungsi karya seni rupa terapan.


Sikap apresiatif terhadap karya seni rupa terapan.
·         mengamati karya seni terapan daerah setempat.
·         menunjukkan sikap apresiatif dengan cara menghargai, merawat dan melestarikan.
·         Menjelaskan fungsi seni rupa terapan yang ada di Indonesia
·         Menjelaskan  fungsi seni rupa terapan dari manca Negara.
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan fungsi seni rupa terapan yang ada di Indonesia

4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
1.4.      menunjukkan sikap apresiatif terhadap keartistikan karya seni rupa terapan.

Sikap apresiatif terhadap keindahan karya seni rupa terapan.
·         mengamati karya seni terapan nusantara
·         menunjukkan sikap apresiatif dengan cara menghargai, merawat dan melestarikan.

·         Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa terapan.
·         Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa terapan.
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·         Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
·         Memajang hasil karya  seni rupa terapan pada tempat yang tepat
praktek
praktek
buatkan gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.

2 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV hal….
Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                                        
                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................

SILABUS PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN ( Seni Rupa )
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Ganjil)
STANDAR KOMPETENSI         : 2. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa

Kompetensi Dasar
Materi Pokok / Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
 K ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
2.1.      Mengekspresikan diri melalui gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb.

Gambar ilustrasi
·     membaca cerita ‘Malin Kundang’.
·     mengamati gambar ilustrasi yang menyertai cerita.
·     mengemukakan pendapatnya tentang cerita yang dibacanya.
·     membaca cerita ‘Patin’
·     mengemukakan pendapat tentang cerita ‘Patin’.
·     mengungkapkan ekspresi manusia menurut gambar ilustrasi yang tersedia.
·     membuat gambar ilustrasi binatang, tumbuhan dan rumah.
·     membuat gambar ilustrasi dalam cerita ‘Bawang Merah Bawang Putih’
·     Menjelaskan bentuk dasar dalam menggambar.
·     Menjelaskan factor-faktor  dalam menggambar ilustrasi.alam

Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan bentuk dasar dalam menggamb-ar.

6 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Kls IV Hal…..
2.2.      Memamerkan hasil gambar ilustrasi dengan tema benda alam: buah-buahan, tangkai, kerang, dsb di depan kelas.

Pameran, gambar ilustrasi.
·     membuat koleksi tentang berbagai gambar ilustrasi.
·     memamerkan gambar-gambar ilustrasi milik sendiri dan milik teman-temannya.
·     Membuat gambar dengan motif manusia.
·     Membuat gambar dengan motif binatang.
·     Membuat gambar dengan motif tumbuhan ( bunga dan buah).
·     Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
·     Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·     Memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.
praktek
praktek
Buat kan gambar dengan motif manusia
4 X 35 menit
Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan kls IV  Hal…..
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                                                    
                                                                                                                                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK


(...............................................)
       NIP / NIK : ............................



SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN ( Seni musik)
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi                : 3.  Mengapresiasi karya seni musik.
                                             
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
3.1   Mengidentifi-kasi berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis
Lagu dan alat musik ritmis.

·     mengelompokkan alat musik berdasarkan jenisnya
·     menjelaskan sejarah musik dan alat musik.
·     menyebutkan nama dan jenis alat musik
·     menyebutkan fungsi dari berbagai alat musik ritmis
·     Menjelaskan dan menyebutkansejarah musik dan alat musik.
·     Mengelompokkan  alat musik ritmis dan melodis.
·     Menunujukkan cara memainkan alat musik ritmis
·     Mengenal lagu daerah yang dikenal dari tempat asalnya.
·     Mengenal lagu daerah yang terkenal dari Nusantara.
·     Menyanyikan lagu daerah yang dikuasai.
·     Mengenal lagu wajib dan penciptanya.
Tes tertulis;
Isian dan uraian
Jelaskan dan menyebutkansejarah musik dan alat musik.

4 x 35’
Buku paket SBK
Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
Standar Isi 2006
Kaset/ alat-alat musik
VCD/tape recorder
3.2   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap berbagai ragam lagu dan alat musik ritmis

Irama, tempo serta dinamik lagu
·     menjelaskan perbedaan bunyi dari berbagai alat musik ritmis
·     memperagakan cara memainkan alat musik ritmis dengan tempo cepat, sedang, dan lambat
·     menyanyikan lagu wajib dengan penuh semangat dan percaya diri
·     menyebutkan beberapa  judul lagu daerah yang terkenal di Nusantara
·     Menyanyikan 2 buah lagu wajib dengan lanatang.
·     Menjelaskan berbagai  irama  dalam lagu ( cepat, sedang, lambat )
·     Menyebutkan  contoh lagu yang mempunyai pola irama cepat, sedang, dan lambat.
·     Menyanyikan contoh lagu berirama cepat, sedang, dan lambat.
·     Membedakan bunyi berbagai alat musik ritmis.
·     Menyebutkan fungsi alat musik ritmis
Tes tertulis;
Isian dan uraian
Jelaskan berbagai  irama  dalam lagu  ( cepat, sedang, lambat )

4 x 35’
Buku paket SBK
Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
Standar Isi 2006
Kaset/ alat-alat musik
VCD/tape recorder
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....


(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK


(...............................................)
       NIP / NIK : ............................

SILABUS  PEMBELAJARAN


SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 4.  Mengekspresikan diri melalui karya seni musik.
                                             
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Penilaian
Sumber/ Bahan/ Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
4.1Menyiapkan permainan alat musik ritmis
Bernyanyi diiringi alat musik ritmis
·     Pembagian kelompok memainkan alat musik ritmis.
·     Memainkan alat musik ritmis secara individu.
·     Memainkan alat musik ritmis secara kelompok.
·     Membaca not angka dalam lagu anak-anak .
·     Memainkan alat musik ritmis pada lagu anak-anak
·     alat musik ritmis yang dikuasai dan disenanginya.
·     Membaca not angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan
melakukan kegiatan diskusi dan pengamatan
Bagaimana cara Membaca not angka yang terpampang di papan tulis sebuah lagu anak-anak
4 x 35’
Buku paket SBK
Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
Standar Isi 2006
Kaset/ alat-alat musik
VCD/tape recorder
4.2Memainkan alat musik ritmis di depan penonton
Pertunjukkan alat musik ritmis
·     Menampilkan/ mempertunjukkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis di depan penonton.
·     Memainkan alat musik ritmis dengan irama dan  tempo yang tepat.
·     Menampilkan/ mempertunjukkan lagu anak-anak diiringi alat musik ritmis di depan penonton
·     Mempertunjukkan permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
·     menggunakan alat musik ritmis yang disediakan, siswa dapat memainkan / mengiringi sebuah lagu
·     permainan alat musik ritmis dengan penuh percaya diri
Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan
melakukan kegiatan diskusi dan pengamatan
Bagaimana cara Memainkan alat musik ritmis
4 x 35’
Buku paket SBK
Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
Standar Isi 2006
Kaset/ alat-alat musik
VCD/tape recorder
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................


SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah        :   ............................
Mata Pelajaran         :  Pendidikan Seni Tari.
Kelas /Semester       :  IV /( Satu )
Bab                          :  Unsur Gerak Tari.
Standar Kompetensi     :   5.  Mengapresiasi karya seni tari
                                         
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi waktu (menit)
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
5.1.  Mengidentifik-asi gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah setempat







5.2.  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan gerak, busana, dan perlengkapan seni tari Nusantara daerah setempat

Tari Nusantara
·     Menjelaskan ciri-ciri gerak  dalam seni tari Nusantara.
·     Menjelaskan contoh busana yang dikenakan penari dalam seni tari Nusantara.
·     Menjelaskan perbedaan gerak tari dari daerah satu dengan daerah yang lain.

·     Menyebutkan nama-nama tarian yang terkenal dari Nusantara.
·     Mengumpulkan data dan informasi tentang gaya busana penari dalam seni tari Nusantara.
·     Menyebutkan keunikan gerak dalam tari daerah Nusantara.
·     Menjelaskan Kekhasan busana  dan perlengkapan tari dalam tari daerah Nusantara.
·     Membedakan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari daerah di Nusantara
·     menjelaskan cirri-ciri dalam gerak tari Nusantara.
·     menjelaskan keragaman busana tari Nusantara.
·     menjelaskan perbedaan gerakan yang khas dalam tari daerah di Nusantara
·     menyebutkan nama tarian dan nama  daerah asalnya.
·     pementasan seni tari daerah Nusantara siswa menyebutkan keunikan gerak dan kekhasan busana serta perlenglkapan tari daerah Nusantara,
·     Membedakan/ mengelompokkan keunikan gerak, busana dan perlengkapan tari daerah Nusantara menurut suku di Indonesia
Tes tulis
Unjuk kerja
test praktik melalukan tarian Nusantara
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan
mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru secara kelompok
4 x 45 menit
Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 4,
Ruang tari
Perlengkapan tari (proper ty, tata rias )
Gambar / video tari daerah.

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................

SILABUS  DAN  SISTEM  PENILAIAN

Nama   sekolah                        :
Mata Pelajaran                         :  Pendidikan Seni Tari.
Kelas /Semester                       :  IV /( Satu )
Bab                                          :  Tari daerah.
Standar Kompetensi     :  6.  Mengapresiasi karya seni tari
                                         
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kegiatan Pembelajaran*
Penilaian
Alokasi waktu (menit)
SARANA DAN SUMBER
Teknik
Bentuk instrument
Contoh instrument
6.1. Menyiapkan peragaan tari Nusantara daerah setempat














6.2. Memeraga-kan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton

Memperegakan tarian Nusantara
















Pementasan sederhana
·     Membentuk kelompok penampilan tari daerah Nusantara.
·     Menjelaskan hal-hal yang harus dipersiapkan dalam sebuah pementasan.
·     Menyiapkan sajian pementasan  dengan materi tari daerhan Nusantara.
·     Melakukan latihan dengan intensif agar memberikan penampilan yang prima.
·     Menyiapkan busana dan perlengkapan tari lainnya.
·     Mempersiapkan materi pementasan.
·     Melakukan pementasan tari daerah di depan penonton.
·     Mengevaluasi seluruh materi pementasan tari daerah Nusantara
·     mempersiapkan penampilan tari daerah Nusantara
·     Pembentukkan kelompok pementasan tari daerah nusantara
·     Menyiapkan materi pementasan, latihan busana, musik pengiring dan perlengkapan tari lainnya.
·     Melakukan latihan gerakan tari daerah Nusantara.
·     Menyiapkan busana dan perlengkapan lainnya.
·     Melakukan latihan gerakan tari daerah dengan serius.
·     Menyelaraskan gerakan dan iringan tari daerah Nusantara.
·     Meningkatkan kekompakan agar tercipta harmoni tari yang indah
Ulangan harian
Unjuk kerja
test praktik melalukan tarian Nusantara
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan
mengumpulkan tugas yang diberikan oleh guru secara kelompok
4 x 45 menit
Buku kreasi seni dan kerajinan jilid 4,
Ruang tari
Perlengkapan tari (proper ty, tata rias )
Gambar / video tari daerah.

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
       NIP / NIK : ............................








SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 7.  Mengapresiasi karya kerajinan                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
7.1 Mengidentifikasi jenis karya kerajinan Nusantara

Karya kerajinan Nusantara
·     Melalui penjelasan guru siswa menjelaskan berbagai jenis kerajinan dari Nusantara.
·     Melalui pengamatan model, siswa menyebutkan macam-macam kerajinan dari kertas dan kain.
·     Melalui diskusi, siswa mencari perbedaan antara kerajinan kertas dan kain yang terdapat di daerah-daerah di Nusantara.
·     Mengelompokan berbagai jenis kerajinan menurut nama, bahan, dan fungsinya.
·     Memberikan penilaian/ tanggapan terhadap hasil karya kerajinan buatan sendiri.
·     Menjelaskan berbagai  jenis kerajinan Nusantara
·     Menyebutkan kerajinan dari kain
·     Menyebutkan  kerajinan dari kertas.
·     Menjelaskan perbedaan antara kerajinan dari kertas dan kain
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan berbagai  jenis kerajinan Nusantara

2 x 35’
Buku paket SBK standar isi 2006
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

7 .2 Menampilkan perilaku apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara
Karya kerajinan Nusantara
·       Mempersiapkan pameran sederhana dengan materi hasil karya kerajian khas daerah tempat tinggalnya.dengan bahan daur ulang kertas dan kain.
·       Memberikan apresiasi yang tinggi terhadap hasil karya kerajiann buatan sendiri maupun karya orang lain
·       Mendokumentasikan berbagai contoh karaya kerajinan dari kain dan kertas.
·       Memberikan tanggapan terhadap hasil karya sendiri kerajinan daerah Nusantara.
·       Mengadakan pameran sederhan dengan materi hasil karya kerajinan Nusantara      buatan sendiri.
·       Memberi  tanggapan/ apresiasi terhadap karya kerajinan orang lain
Tes tulis
Unjuk kerja
·       Buatkan berbagai contoh karaya kerajinan dari kain dan kertas.
2 x 35’
Buku paket SBK standar isi 2006
Buku Saya Ingin Terampil dan Kreatif, Grafindo
Kaset/CD musik/lagu wajib dan daerah Nusantara

Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
                                                                                                                               
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................
                                                                                                                                                                               

SILABUS  PEMBELAJARAN

SEKOLAH                                : ……………………

MATA PELAJARAN  : SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
KELAS                                     : IV
SEMESTER                             : 1 (Gasal)
Standar Kompetensi      : 8.  Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi
                 
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian
K Ompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu
Sarana Dan Sumber
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
8.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara

karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·       Siswa dapat membuat  sketa karya kerajina dengan motif Nusantara  dengan cara aplikasi.
·       Siswa dapat mempersiapkan alat dan bahan untuk karya kerajinan motif Nusantara dengan teknik aplikasi.
·       Merancang karya kerajinan dengan teknik aplikasi
Tes tulis
Unjuk kerja
Buatkan karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
·   Bahan alam, seperti: batu, daun
8 .2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat
karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat
·       Siswa dapat membuat karya kerajinan aplikasi dengan motif Nusantara.
·       Siswa dapat mempersiapkan alat dan bahan untuk membuat karya kerajinan

·       Menentukan bahan yang akan dibuat kerajinan tangan dengan teknik aplikasi.
·       Mnyebutkan langkah-langkah pembuatan karya kerajinan
Tes tulis
Unjuk kerja
·       Buatkan karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat.
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
8.3. Merancang benda dengan teknik  konstruksi
benda dengan teknik  konstruksi
·       Mmelalui demontrasi, siswa membuat karya kerajinan yang rapid an artistic.
·       Siswa dapat membuat karya kerajinan dengan bahan kertas
·       Membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat.
·       Membuat karya kerajinan dengan menggunakan bahan kertas
Tes tulis
Unjuk kerja
Jelaskan benda dengan teknik  konstruksi
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
8.4. Membuat benda dengan teknik  konstruksi

Membuat Karya kerajinan dan benda kontruksi

·       Siswa dapat mendokumentasikan karya kerajinan yang sudah selesai.
·       Siswa dapat merancang karya kerajinan dengan teknik kontruksi.
·       Merancang karya kerajinan dengan teknik kontruksi
Tes tulis
Unjuk kerja
·       Buat kan benda dengan teknik  konstruksi
4 x 35’
·   Buku paket SBK
·   Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·   Standar Isi 2006
·   Majalah Art and Decor
·   Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
Bahan alam, seperti: batu, daun
Karakter siswa yang diharapkan :       Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                                                                                                                                   
Mengetahui,
Kepala Sekolah SD/MI ....



(...............................................)
 NIP / NIK : ............................

........,  .................................  20......
Guru Mapel SBK



(...............................................)
         NIP / NIK : ............................

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar