Senin, 21 November 2011

RPP Seni Budaya dan Keterampilan Berkarakter SD KelasIV semester 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 1 – 2
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
9.1   Menjelaskan makna seni rupa murni.
9.2   Mengidentifikasi jenis karya seni rupa murni yang ada di daerah setempat.

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat melakukan pengamatan seni rupa murni
  • Siswa mampu menyimak dan menjelaskan tentang makna  seni rupa murni
  • Siswa dapat melakukan diskusi untuk mencari contoh seni rupa murni
  • Siswa dapat menyebutkan contoh-contoh karya seni rupa murni yang dapat ditemukan pada kehidupan sehari-hari.
  • Siswa dapat melakukan  pengamatan model  dan diskusi serta siswa dapat menjelaskan ciri-ciri seni rupa murni yang ada di daerahnya masing-masing.
  • Siswa dapat melakukan pengamatan pada model dan siswa dapat menjelaskan beberapa jenis seni rupa murni yang pernah diamati.
  • Menjelaskan seni rupa terapan dengan bentuk 2 dimensi.
  • Melalui pengamatan, diskusi dan penjelasan guru siswa menjelaskan jenis seni rupa 3 dimensi.
  • Melalui tugas individu dan kelompok, siswa mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa  2 dimensi dan 3 dimensi.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


II.   Materi Ajar
  • Karya seni rupa murni, objek, tema, symbo
  • Jenis objek karya seni rupa

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
5.       Memperlihatkan karya seni rupa murni melalui majalah atau Koran yang dibawa oleh guru

  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa murni, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
F Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
F Memberikan penjelasan tentang makna  seni rupa terapan melalui bentuk 2 dimensi, dilanjutkan dengan diskusi kelompok dan pengamatan melalui model untuk mecari ciri-ciri seni rupa murni
F Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi dan pengamatannya di depan kelas dan dilakukan secara klasikal untuk mencari kesimpulan.
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami
F Mengarahkan siswa untuk menulis komentar tentang karya dalam film tersebut komentar
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberikan tugas membuat laporan hasil diskusi dan pengamatan untuk setiap kelompok
F Mengerjakan soal-soal uji kompetansi.
F Memberikan tugas membawa contoh karya seni rupa dua dan tiga dimensi karya seni rupa murni sederhana

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa

VI.   Penilaian

  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Melakukan pengamatan seni rupa murni
·         Menjelaskan makna  seni rupa murni
·         Menyebutkan contoh seni rupa murni
·         Mengungkapkan  karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Menyebutkan ciri-ciri dari seni rupa murni yang ada di daerah tempat tinggal siswa
·         Menjelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi.
·         Menjelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Mendokumentasikan) contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·         Mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi
Tes tulis
Unjuk kerja
·         Jelaskan makna  seni rupa murni
·         Sebutkan contoh seni rupa murni
·         Sebutkan karya seni rupa dan kegunaannya.
·         Sebutkan ciri-ciri dari seni rupa murni yang ada di daerah tempat tinggal siswa
·         Jelaskan jenis  seni rupa  murni yang merupakan dua dan tiga dimensi.
·         Jelaskan jenis seni rupa  terapan yang merupakan 3 dimensi.
·         Bagaimana cara Mendokumentasikan) contoh-contoh seni rupa terapan 2 dimensi
·         Bagaimana cara Mendokumentasikan contoh-contoh seni rupa 3 dimensi







FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 3
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
 9.  Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
9.3 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya seni rupa murni.

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Melalui pengamatan model yang diperlihatkan guru, siswa menyampaikan apresiasinya terhadap keartistikan sebuah karya seni rupa murni.
  • Menjelaskan kesesuaian bentuk dan keserasian dalam seni rupa yang diamati.
  • Melalui contoh dan bimbingan guru, siswa membuat karya seni rupa berupa gambar dengan motif batik tulis yang dikerjakan dalam buku gambar.
  • Menyampaikan tanggapan / apresiasi terhadap karya seni rupa hasil sendiri maupun orang lain.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • Sikap apresiatif

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menggambar
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
  1. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Memperlihatkan contoh referensi dari gambar-gambar yang sudah ada
F Mengarahkan siswa untuk membuat gambar motif batik tulis
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memeriksa, dan mengumpulkan hasil karya siswa
F Tugas membawa alat mewarnai, dan benda tiga dimensi



V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
·         Gambar dan foto karya seni rupa
·         Buku gambar dan pinsil warna (krayon)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menyampaikan pendapat tentang keartistikan sebuah karya seni rupa murni
·         Menanggapi kesesuaian bentuk , dan keserasian dalam seni rupa murni
·         Membuat gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya.
·         Memberi tanggapan pada hasil karya sendiri maupun orang lain.
Praktek
Praktek
buatkan gambar dengan motif batik dengan memperhatikan sisi artistiknya

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 4 – 6
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
10. Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Rupa         

Kompetensi Dasar
10.1  Membuat relief dari bahan plastis dengan pola motif hias.
10.2  Menyiapkan karya sen rupa yang dibuat untuk pameran kelas
10.3  Menata karya seni rupa yang dibuat dalam bentuk pameran kelas.

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat menjelaskan bentuk dasar relief
  • Siswa dapat menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
  • Siswa mampu membuat relief dengan pola motif hias
  • Siswa dapat Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
  • Siswa dapat mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
  • Siswa mampu memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding.
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • Relief, pola motif hias
  • Pola ragam hias
  • Persiapan pelaksanaan pameran
  • Menata karya seni rupa

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Mengarahkan siswa untuk menggambar dengan pola motif hias.
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memeriksa hasil karya siswa
F Tes unjuk kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Model Karya seni rupa tiga dimensi
·         Gambar dan foto karya seni rupa
  • Majalah seni rupa
  • Pengantar Seni Rupa
  • Bahan dan alat yang digunakan: malam, sabun, pisau/catter

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menggambar.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Menjelaskan bentuk dasar relief
·         Menjelaskan faktor-faktor  dalam relief
·         Membuat relief dengan pola motif hias
·         Mendokumentasikan hasil karya sendiri dengan baik.
·         Mengumpulkan hasil karya setiap individu untuk diberi tanggapan secara tertulis maupun lisan.
·         Memajangkan/ memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding
Tes tulis





Praktek
Unjuk kerja





Praktek
·         Jelaskan bentuk dasar relief




·         Buatkan untuk pameran kelas.
·         Membuat /memamerkan hasil karya gambar ilustrasi dengan tema alam di depan kelas/ majalah dinding


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 7 – 8
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
11. Mengapresiasi Karya Seni Musik

Kompetensi Dasar
11.1. Menjelaskan makna dinamika dalam seni musik
11.2. Mengidentifikasi perbedaan dinamika
11.3. Mengidentifikasi alat musik melodis
11.4. Menampilkan sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik

I.   Tujuan Pembelajaran**
1.       Siswa dapat mengetahui arti dinamika dalam musik
2.       Siswa dapat membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
3.       Siswa dapat mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
4.       Siswa dapat mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • makna dinamika dalam seni musik
  • perbedaan dinamika
  • alat musik melodis
  • sikap apresiatif terhadap dinamika dalam seni musik



III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Menonton/menyimak sebuah pertunjukkan
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Memutar CD contoh lagu
6.       Melihat pertunjukan melalui VCD musik melodis
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Setiap siswa ditugaskan untuk mengidentifikasi alat musik melodis yang sudah dilihat dalam pertunjukan
FSiswa ditugaskan untuk menceritakan melalui tulisan macam-macam alat musik melodis tersebut
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
FMemeriksa tulisan siswa
FMempersiapkan salah satu buah lagu

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD ansambel
·         VCD/tape recorder

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan membuat gambar. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengetahui arti dinamika dalam musik
·      Membedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
·      Mengenal berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
·      Mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
·      Apa arti dinamika dalam musik
·      Bedakan tanda-tanda dinamik dalam musik dan penggunaannya
·      Sebutkan berbagai macam alat musik melodis dan penggunaannya
·      Bagaimana mengetahui tanda dinamik dalam penggunaan alat musik melodis
FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 9 – 11  
Alokasi Waktu
: 6 x 35’


Standar Kompetensi
SENI MUSIK
12. Mengekspresikan Diri Melalui Karya  Seni Musik

Kompetensi Dasar
12.1. Memainkan alat musik  melodis sederhana
12.2. Menyiapkan penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
12.3. Menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa mampu memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
  • Siswa dapat menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
  • Siswa dapat menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
  • alat musik  melodis sederhana
  • penyajian lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana
  • alat lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan sederhana

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Tes unjuk kerja

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memeriksa tugas
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Memberikan contoh kepada siswa  cara memainkan alat musik melodis (demonstrasi)
F Megarahkan kepada siswa untuk mengikuti secara bertahap
F Mengarahkan kepada siswa untuk melakukannya secara keseluruhan, dan berulang-ulang
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Mempersiapkan salah satu lagu anak-anak, dan lagu daerah
F Memberikan tugas membuat kliping

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Kaset/CD musik melodis
·         VCD/tape recorder
·         Alat-alat rumah tangga (dapur)

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menyanyi.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·         Memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Menyajikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         Menunjukkan kemampuan menyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis
soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan   lisan.

Melaku-kan kegiatan diskusi dan pengamatan
·         Bagaimana cara memainkan berbagai macam alat musik melodis sederhana
·         Sebutkan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan musik sederhana
·         nyanyikan lagu daerah dan lagu wajib dengan iringan alat musik melodis





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 12
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI TARI
13.  Mengapresiasi Karya Seni  Tari

Kompetensi Dasar
13. 1. Mengidentifik-asi gerak, busana, dan  perlengkapan tari nusantara daerah lain.
13.2.  Menampilkan sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana dan serta perlengka pan seni tari nusantara lain. 


I.   Tujuan Pembelajaran**
·         Siswa dapat mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Siswa mampu memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·         Siswa dapat menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara dari berbagai daerah
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
·        Macam-macam gerak tari daerah lain. 
·        Apresiasi terhadap tari  tradisional daerah lain. 

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Demonstrasi
3. Praktik
4. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
5. Tes tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Mengarahkan siswa untuk membuat kelompok
6.       Memperlihatkan pertunjukan melalui VCD tari
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Mengarahkan setiap kelompok  mengidentifikasi hubungan elemen dalam salah satu tarian yang sudah ditonton
FMendeskripsikan tari nusantara melalui tulisan
F memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memeriksa tulisan setiap kelompok
FMemberi tugas untuk membuat kliping tentang tarian Nusantara

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan menonton/menyimak film dokumenter.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan praktik.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Mengenal gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·   Memahami gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara daerah lain
·   Menyebutkan keunikan gerak, busana, dan perlengkapan tari Nusantara dari berbagai daerah
Tes tulis
Unjuk kerja
·   Sebutkangerak, busana, dan  perlengkapan tari nusantara daerah lain.
·   Bagaimana sikap apresiatif terhadap symbol dan keunikan gerak, busana dan serta perlengka pan seni tari nusantara lain

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 13 – 14  
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
SENI TARI
14.  Mengekspresikan Diri Melalui Karya Seni Tari

Kompetensi Dasar
14.1  Menyiapkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan
14.2 Memeragakan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton.


I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa mampu melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
  • Siswa dapat mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
  • Siswa dapat mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
  • Siswa mampu menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
·        Macam-macam tari daerah.
·        Menarikan tari daerah lain. 


III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstrasi
2. Pertunjukkan
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
    - Melatih sebuah tarian Nusantara untuk setiap kelompok
4. Praktik

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Mempersiapkan peralatan yang diperlukan
5.       Memperlihatkan pertunjukan tari daerah melalui VCD tari
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Setelah menonton pergelaran tari Nusantara siswa memilih salah satu daerah secara kelompok
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Memberikan contoh tari
F Mengarahkan siswa untuk mengikuti secara bertahap, dan berulang-ulang
F Mengarahkan setiap kelompok  berlatih
F Menampilkan tarian daerah secara kelompok
§  Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tugas berlatih tari secara kelompok

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Gambar dan foto jenis tarian
·         VCD/DVD film dokumenter 

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan latihan menari.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa melakukan kegiatan menari.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Melakukan persiapan untuk memperagakan tari Nusantara
·        Mengetahui salah satu gerakan tari Nusantara dari daerah lain
·        Mengenal alat musik untuk mengiringi gerakan tari Nusantara
·        Menunjukkan gerakan tari Nusantara daerah setempat sesuai dengan iringan di depan penonton
Tes tulis
Unjuk kerja
·         Sebutkan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan
·         praktikan tari Nusantara daerah lain sesuai dengan iringan di depan penonton.





FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1

 LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.






  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK


          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 15
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
15.  Mengapresiasi karya kerajinan

Kompetensi Dasar
15.1 Mengidentifik-asi jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
15 .2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat

I.   Tujuan Pembelajaran**
·         Siswa dapat mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·         Siswa dapat membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·         Siswa dapat mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
·         Karya kerajinan Nusantara
·         Aneka Kerajinan Daerah Setempat

III.   Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
4. Test tertulis dan lisan

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Menyiapkan siswa pergi ke toko kerajinan.

  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Siswa diberi lembaran kerja
F Melakukan pengamatan ke toko kerajinan
F Mengidentifikasi jenis kerajinan dan contoh tiap-tiap daerah
F Siswa kembali ke sekolah dan mendiskusikan mencari contoh kerajinan yang ada di daerah setempat pada Koran dan majalah dan dijadikan sebuah kliping.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Memberi tugas untuk membuat kliping untuk setiap kelompok.

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Model Hasta Karya
·         Gambar dan foto karya
·         Wisata alam ke toko kerajinan

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan diskusi.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa bercerita.
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengenal berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·      Membedakanan berbagai macam hasil kerajinan daerah setempat
·      Mengetahui aneka kerajinan yang dihasilkan dari  daerah setempat
Tes tulis
Tes lisan dan tulisan
Unjuk kerja
Isian dan uraian
·      Jelaskan jenis karya kerajinan Nusantara daerah setempat
·      Jelaskan sikap apresiatif terhadap karya kerajinan Nusantara daerah setempat

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.


2.

Praktek


Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1
4
2
1

&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 16 – 17
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
16.   Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi

Kompetensi Dasar
16.1 Merancang karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
16 .2 Membuat karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri


I.   Tujuan Pembelajaran**
·         Siswa mampu merancang aneka kerajinan dengan motif natural
·         Siswa dapat menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel
·         Siswa dapat mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan
·         Siswa mampu membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
·         memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·         karya kerajinan berdasarkan rancangan sendiri

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.      Apersepsi
2.      Salam pembuka
3.      Mengabsen siswa
4.      Memperlihatkan contoh-contoh hasil kerajinan dari bahan alam
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengarahkan siswa membuat  kerajinan dari bahan alam
F Mengarahkan siswa untuk menjelaskan keistimewaan dan manfaat kerajinan dari bahan alam
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tes Unjuk Kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Majalah Art and Decor
·         Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
·         Bahan alam, seperti: batu, daun

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan praktik.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa praktik..
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Merancang aneka kerajinan dengan motif natural
·      Menentukan bahan yang akan dibuat kerajinandengan teknikmenempel

Tes tulis
Unjuk kerja
·      Buatkan karya kerajinan dengan memanfaatkan teknik atau motif hias Nusantara
·      Buatkan karya kerajinan berdasarkan rancangan yang telah dibuat.


FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1


&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.



                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN
Kelas/Semester
: IV (empat) / II (dua)
Pertemuan Ke
: 18 – 19 
Alokasi Waktu
: 4 x 35’


Standar Kompetensi
KETERAMPILAN
16.  Membuat karya  kerajinan dan benda konstruksi


Kompetensi Dasar
16.3. Merancang pembuatan  benda dengan teknik  konstruksi
16.4. Membuat benda dengan teknik  konstruksi

I.   Tujuan Pembelajaran**
  • Siswa dapat mengetahui bermacam-macam benda konstruksi
  • Siswa mampu merancang benda dengan teknik kobstruksi
  • Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan
  • Siswa dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan benda konstruksi
  • Siswa mampu membuat benda dengan teknik konstruksi
v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
b. Beberapa Hasil Kerajinan dari Bahan Alam

III.   Metode Pembelajaran
1. Demonstasi
2. Praktik
3. Pemberian Tugas
    - Mengerjakan soal uji kompetensi

IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
  Kegiatan Awal
1.       Apersepsi
2.       Salam pembuka
3.       Mengabsen siswa
4.       Memperlihatkan contoh-contoh Hasil Kerajinan dari Bahan Alam
  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memberikan penjelasan materi kepada siswa
F memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Mengarahkan siswa membuat  kerajinan dari bahan alam
F Mengarahkan siswa untuk menjelaskan keistimewaan dan manfaat kerajinan dari bahan alam
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
☺ Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Tes Unjuk Kerja

V.   Sumber/Alat/Bahan
·         Buku paket SBK
·         Saya Ingin Terampil dan Kreatif, KTK SD Kls IV
·         Standar Isi 2006
·         Majalah Art and Decor
·         Berbagai sumber tentang kerajinan Nusantara.
·         Bahan alam, seperti: batu, daun

VI.   Penilaian
  Aspek yang dinilai
-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan praktik.
-    Aspek psikomotorik
Komponen yang dinilai meliputi ketepatan memilih bahan, keterampilan menggunakan peralatan, dan menggunakan alat. Penilaian ini dilakukan saat siswa praktik..
-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.

Indikator Pencapaian
Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·      Mengetahui langkah-langkah membuat karya kerajinan
·      Membuat karya kerajinan sesuai dengan rancangan yang telah dibuat
Tes tulis
Unjuk kerja
·      Jelaskan benda dengan teknik  konstruksi
·      Buat kan benda dengan teknik  konstruksi

FORMAT KRITERIA PENILAIAN      
&  Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

&  Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.

Praktek



Sikap
* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1



&   LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






 
 CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.




                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                                 
        Kepala Madrasah                                                     Guru Mapel SBK



          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                      NIP :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar